headerummary

Dongeng sebagai Media Mengembangkan Kecerdasan Moral : Tafsir Surat An Nasr

Post a Comment
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم


Bila pendidikan karakter merupakan proses pendidikan yang ditujukan untuk mengembangkan nilai, sikap, dan perilaku yang memancarkan akhlak mulia atau budi pekerti luhur pribadi seseorang. Maka pendidikan moral bersifat lebih umum daripada pendidikan karakter, karena kecerdasan moral menurut Borba (2001) adalah kemampuan memahami kebenaran dari kesalahan, artinya memiliki keyakinan etika yang kuat dan bertindak berdasarkan keyakinan tersebut, sehingga seseorang dapat bersikap benar dan terhormat. Pendidikan moral dapat terlihat dampaknya pada kehidupan bermasyarakat. 

Menurut Horn (Staden & Watson, 2007) dalam jurnal Latifah Nur Ahyani, dongeng mempunyai kemampuan untuk menciptakan lingkungan belajar yang benar untuk siswa anak usia dini. Selain itu, metode dongeng dapat dijadikan sebagai mediamembentuk kepribadian dan moralitas anak usia dini. Menurut Borba (2001) dongeng tentang suatu kebajikan serta pengaruhnya dalam memberikan perubahan yang positif di dunia akan membantu anak memahami kekuatan kebajikan tersebut dan membuat mereka berpikir bahwa mereka pun dapat melakukan sesuatu bagi dunia. 

Metode dongeng dapat dijadikan sebagai media pembentuk kepribadian dan moralitas anak usia dini, melalui metode dongeng akan memberikan pengalaman belajar bagi anak usia dini. Metode dongeng memiliki sejumlah aspek yang diperlukan dalam perkembangan kejiwaan anak, memberi wadah bagi anak untuk belajar berbagai emosi dan perasaan dan belajar nilai-nilai moral. Anak akan belajar pada pengalaman-pengalaman sang tokoh dalam dongeng, setelah itu memilah mana yang dapat dijadikan panutan olehnya sehingga membentuknya menjadi moralitas yang dipegang sampai dewasa.

Dongeng Kami
  • Judul : Tafsir Surat An Nasr
  • Nilai karakter yang ingin ditanamkan : Menyucikan dan meminta ampunan hanya kepada Allah
  • Review :

Apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan,

dan engkau melihat manusia berbondong-bondong masuk agama Allah,
maka bertasbihlah dalam dengan Tuhanmu dan mohonlah ampunan kepada-Nya. Sungguh, Dia Maha Penerima tobat.  


Surat ini maknanya pertolongan. Allah yang Maha Kuat dan Maha Besar yang akan menunjukkan kekuasaannya dengan memberikan pertolongan dan kemenangan bagi orang muslim. Disaat itu nanti banyak orang yang akan masuk ke dalam agama Islam. Maka sebaiknya dalam keadaan apapun kita harus terus bertasbihlah, menyebut Subhanallah atau Maha Suci Allah dan terus-menerus meminta ampun dengan membaca Astagfirullah. 

Surat ini baru pertama kali saya bacaan dan ceritakan pada Maryama. Dia nampak kesulitan untuk mengikuti saat saya talaqqi. Tidak mengapa, sembari bermain ia pasti mendengar apa yang saya sampaikan. 

Sumber Literasi
  • Jurnal Latifah Nur Ahyani berjudul Metode Dongeng dalam Meningkatkan Perkembangan Kecerdasan Moral Anak Usia Pra Sekolah
  • Juz Amma, disusun oleh Nizar Saad Jabal, Lc, Mpd
Ummi Maryama
Teman mainnya Maryam dan Hisham | Islamic Parenting - Home Education - Healthy Lifestyle Enthusiast | Partner belajar sekaligus pembelajar Al Qur'an

Related Posts

Post a Comment

Follow by Email