headerummary

Penyimpangan Seksual, Pencegahan dan Solusinya

Post a Comment
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Penyimpangan Seksual, Pencegahan dan Solusinya 

Dipresentasikan oleh Kelompok 8 : Arina, Eka, Junita, Nur Hamidah, Nur Rahma, Wulan

Link Download File : KLIK DISINI

Ketika Mendengar LGBT 

Kalau mikir tentang LGBT, merasa kasihan mungkin mereka mau cari kebahagiaan tapi nggak tau caranya.

Semua ibu klo denger berita ttg LGBT pasti rasanya pengen nangis ya mb2,,,
Seperti tak ingin lepaskan anak dri tangan kita...

Sesi Tanya Jawab 

Pertanyaan 1

Dr mba Oky
Perilaku penyimpangan seksual bisa terjadi jika dorongan seksualnya tidak tersalurkan dengan benar.
Bagi sepasang suami istri, bisa menyalurkannya secara halal dg pasangannya.
Namun untuk remaja yg pubertas tapi belum memiliki pasangan sah, bagaimana cara menyalurkan dorongan seksual yg sifatnya alami ini dengan benar.?
Terimakasih sebelumnya.

Jawaban

Cara menyalurkan hasrat seksual pada usia pemuda/pemudi pada masa pubertas : 

1.Jelaskan pada anak jika seks bebas bisa menyebabkan resiko penyakit seksual YANG menular seperti HIV.

2.Mengenalkan hal kecil yang DAPAT membangkitkan hasrat seksual yang diawali dari hal2 sederhana kontak fisik misal berpegangan tangan ,bagi wanita yang sudah menikah ini sangat romantis, tapi bagi remaja pubertas sudah bisa membangkitkan hawa nafsu.Dan beri pengertian bahwa Allah melarang untuk berzina "wala taqrobuzzina innahu kana fahisatan wasaa sabiula" mendekati saja tidak boleh apalagi berbuat zina.

3.Ajarkan cara menghargai diri sendiri dan orang lain. Bagi pemuda putra bahwa ia juga harus menghargai lawan jenisnya dan tidak menjalin hubungan romantis sebagai penyaluran hasrat seksual.Tanamkan pada remaja baik putra maupun putri bahwa "cinta" tidak sama dengan "seks".

4.Menjauhi dari Pornografi.
Akses terhadap pornografi secara berulang dapat merusak otak bagian pengambilsn keputusan dan merusak 4 hormon baik. Salah satunya korban pornografi dapat melakukan perbuatan seksual tanpa punya rasa malu, rasa takut pada orang tua ataupun sama Allah.

5.Beritahu Jika Allah Maha Melihat. 
Sejak kecil tanamkan pada anak bahwa Allah maha Melihat sehingga saat remaja tidak tergiur untuk melakukan hal-hal yang berisiko, meskipun kita tidak berada di dekatnya dan hasrat seksual hanya boleh dilakukan dalam ikatan pernikahan berpegang teguh pada Agama.

6.Mengizinkan mengikuti kegiatan positif yang disukai.
Aktif dalam berorganisasi sekolah ekstrakulikuler, mendalami hobi, dan berolahraga, juga berpuasa ,  Jangan lupa kedekatan dengan orang tuan mampu menghindari dari perilaku penyimpangan seksual.
by mb Wulan

Tambahan Pertanyaan dan Tanggapan

Setuju jawabnya mbak wulan.
Kadang tanpa di sadari orang yang suka organisasi itu cara berfikirnya beda.
Katakanlah sering ketemu lawan jenis yaudah biasa aja fokus pikiranya beda dia pasti berusaha jd bermanfaat, nambah wawasannya, gmn jd prestasi.
Tp beda orang yg nggak pernah organisasi,
Ketemu lawan jenis dalam perkumpulan langsung hawanya cari caper

Mbk mau nambah tanya boleh gak si🤭
Biasanya kan orang yg LGBt punya komunitas banyak nih
Utk keluar jg gak mudah
Gimna ya caranya menasehati
Sedangkan orang tsb tdk punya figur yg bisa memotifasinya

Harus niat dalm hati mba.LGBT ini sdh sprri gunung es mb, untk pncegahnnya dimulai dari bilik2 kecil bernama keluarga mari kita kuatkan ank2 kta mb dengan cara pengasuhan yang benar sesuai ajaran agama
Dan tentunya berdoa itu adlh kekuatan kita.

Cara menasehati tetapi tdk orang tsb tdk punya figur yg bisa memberi motivasi
Didoakan mbak, semoga kembali ke jalan yg benar
Jangan pernah berhenti berdoa dan berharap
Penyimpangan disebabkan hormonal
Karena kekurangan/kelebihan hormon merupakan hal yang terjadi secara ilmiah dan terbentuk seiring perkembangan tubuh

mbak mau menanggapi,
Kalau hormon itu kan sudah diatur yah tanpa bisa kendalikan.
Apakah berarti ini menyebabkan kebingungan terlahir sebagai wanita tp jiwa laki² ?

Masalah hormonal spertinya tdk separah ini mbak apakah bingung terlahir sbg wanita/ laki2
Namun jika yg laki2 perilakunya lbh ke perempuan atau sebaliknya
Atau kalau itu given berarti tidak menyebabkan penyimpangan ya contohnya ayahnya ayu ting ting yang agak kemayu tapi tetap menikah dan punya anak, kalau disini penyebab penyimpangan agaknya menurut saya alibi orang yang pro LGBT, wallohu'alam

Iya maksudnya walaupun hormon tidak seimbang kalau dasar seksualitas mantap dia tetap normal koq, jadi agaknya menyimpang jadi LGBT iti tidak ada sebenarnya

Pertanyaan ke 2

Nama : Hapshoh
Pertanyaan :

1. Mengenai penyimpangan berdasarkan hormon maksudnya bagaimana ya? Apakah karena kelebihan hormon tertentu dari jenis kelamin lain misalnya jenis kelamin perempuan tapi hormon testosteron tinggi? 

2. Mengenai penjara juga adalah salah satu sarana yang menyuburkan penyimpangan seksual apakah ada data yang validnya? 

3. Ini sebenarnya agak melenceng dari topiknya cuma rada menggelitik, bagi orang yang mengaku Islam dan dia transgender bagaimana ketika meninggal apakah dimandikan oleh orang yang sejenis kelamin asalnya atau setelah diubah?

Jawaban

1.Ketidakseimbangan hormon menjadi salah satu penyebabnya. Kelebihan ataupun kekurangan salah satu hormon merupakan hal yang terjadi secara ilmiah dan terbentuk seiring perkembangan tubuh, hanya saja kadang terjadi ketidakseimbangan yang menyebabkan anak laki-laki bersikap feminim, atau bahkan anak perempuan yang bersikap gentleman.


3. Jadi menurut ust.basalamah ketika ada transgender meninggal menurut islam ketika dia meninggal maka yg akan memandikannya ada sesuai jenis kelamin awal transgender tsb..jika jenis kelamin awal laki2 maka yg wajib memandikan laki2..

Pertanyaan ke 3

Assalamualaikum
Penyimpangan seksual ini merupakan permasalahan masyarakat juga ya.
Harus diwaspadai. Apakah perlu kita mengedukasi ini jg ke anak. Dan jika perlu baiknya kita share ke anak (misal yang umum mengenai adanya LGBT) kira2 pada usia berapa ya yang pas?

Jawaban 

Ngeri banget ya kalau mendengar berita tentang LGBT. Mengedukasi tentang LGBT ke anak perlu dilakukan, kapan? Ketika anak sudah siap, yaitu pada usia pubertas ketika mereka sudah mulai memahami tentang ketertarikan lawan jenis. Kita bisa berkisah tentang nabi Luth.

Saya coba menanggapi, sepertinya kita tidak usah mengumbar tentang LGBT, justru yang kita tanamkan tentang seksualitas yang sesuai fitrah jadi kalau melihat yang diluar itu dia akan tahu itu salah misalnya hubungan seksual itu halal kalau ada pernikahan maka di luar nikah haram, jadi walaupun tidak diceritakan akibatnya dan contoh kasusnya maka dia akan defense sendiri menjauhi hal tersebut

Pertanyaan ke 4

dari mb Fahma
Ada sebuah kasus, yang kecanduan game dan gadged. Sehingga, ketika dia sedang di depan lapy itu seakan akan berhasrat. Tetapi, kenyataannya ketika bersama pasangan real tidak mampu menafkahi batin.

Pertanyaannya,
1. Apakah itu termasuk perilaku penyimpangan seksual?
2. Perkiraan sebab dan antisipasi?
3. Bagaimana cara terapinya?

Jawaban dan Tanggapan 

Game apa ya mbak Fahma?
Tidak bisa menafkahi batin
Namun jika didepan lapy seakan akan berhasrat ya
Kalau berhasratnya hanya didepan lapy ini penyimpangan seksual menurut kami,
Secara fitrah harusnya kan dengan pasangan

Kok bisa ya gamenya padahal tidak pornografi
Saya juga bingung mbak
Tapi berimbas pada hubungan suami istri
Jadi beliau jika mau berhubungan seakan mau banget. Begitu ketemu istrinya mundur teratur
Apa seperti perang perangan gitu
Kalau nggak salah gamenya itu tokoh tokoh jagoan mbak, seperti tembak tembakan atau gulat gitu
Bukan game pornografi
Akhirnya rumah tangganya gagal belum ada 1 tahun. Dan pengakuan istri belum pernah disentuh

Menurut saya itu kecanduan game saja mba, karena pengalaman suami kalau ada tugas keluar kota agak lama main game bisa memfokuskan otak jadi lupa ke hasrat seksual.
Solusinya memang harus meninggalkan kecanduan pada game-nya agar kehidupan normal dan hormonnya kembali lagi

Menurut saya ini juga mengarah penyimpangan, pernah baca sekilas d browser peenah terjadi kasus seperti yg mba fahma ceritakan, jadi setelah d telusuri dia penyuka sesama jenis..dan ahirnya pernikahan itu harus gagal meski baru berumur 2 minggu...dan setelah kejadian itu si suami mencoba menikah lg dg perempuan lain dan berahir sama juga dg perceraian...pernah baca seperri itu..

Ini juga saya baru tahu awal-awal tahun ini saat suami beralih ke game daripada nonton untuk refresh otak setelah coding, hukumnya tetap nge-game itu hal yang mubah tapi melalaikan ya
Kalau di rumah ada anak-anak dan saya yang akan nyolek-nyolek suami biar tidak kecanduan dan punya batas waktu untuk gaming

Kalau menurut ku ini mbak,
Semua yg terjadi Dirumah tangga, pasti ada penumpukan masalah meskipun kecil, sepele ditimbun jd bom waktu.
Mungkin ada yg menyebabkan si suami kepikiran tp dengan game dia bisa lepas 
Sebagai kondrat laki² pasti hasrat sex ada.
Tp begitu melihat istri dalam pikiran mata jiwa dia melihat ada sesuatu yg dipendam jd enggan melakukan.
Ini mungkin  lho mbak krn kita harus dengar di ke2 versi cerita berdasar istri n suami

1. Menurut saya itu bukan penyimpangan mb, akan tetapi faktor kelelahan dan saking cintanya pada permainan Game sehingga ia tidak memeliki keinginan yang lebih untuk yang lain, seperti berintim, ini sama seperti orang yang kelelahan bekerja, setwlah hasratnya tuntas dan terpuaskan yasudah. dia tidak perduli dengan pasangannya.

2.Penyebabnya harus dikroscek, karena kita tidak tahu bagaimana pola hidup lainnya, mungkin juga ada trauma atau penyebab yg lain

3.Terapinya dengan berkomunikasi dengan keluarga, luangkan waktu lebih banyak agar bisa memahami satu sama lain, mulai mengurangi game jika sudah masuk kategori kecanduan

Yang Saya Petik dan Pelajari

Beberapa faktor penyimpangan seksual, antara lain :
  • Faktor hormonal (ketidakseimbangan hormon) 
  • Faktor lingkungan 
  • Gaya hidup 
  • Pola pikir (mindset) 
  • Traumatik 

Macam-macam penyimpangan seksual seperti berikut ini :
  • Homoseksual 
  • Transeksual
  • Sadisme
  • Mesokisme
  • Sadomasochisme
  • Incest
  • Pedophilia
  • Bestiality
  • Ekshibisme
  • Voyeorisme
  • Fetisisme
  • Necrophilia
  • Zoopholia
  • Frotteurisme
  • Gerontophilia

Pencegahan terhadap penyimpangan seksual dengan cara :
  • Sikap dan pengertian orang tua 
  • Pendidikan seks yang baik dan sesuai usia
  • Pengobatan
Ummi Maryama
Teman mainnya Maryam dan Hisham | Islamic Parenting - Home Education - Healthy Lifestyle Enthusiast | Partner belajar sekaligus pembelajar Al Qur'an

Related Posts

Post a Comment