headerummary

Profil, CV dan Apresiasi Peserta Student Exchange

Post a Comment
Perkenalan

Bismillahirrahmanirrahim
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Berikut ini CV saya.


Gambar lebih jelas klik link biru ini
Perkenalkan, nama saya Annisa Dian Savitri, saya lebih senang menggunakan nama kunyah saya saat bertukar sapa dengan orang baru. Ummi Maryama, demikian nama kunyah ini diambil, yang berarti ibu nya Maryama. 

Saya lahir di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur 31 tahun silam. Menikah pada tahun 2014 dan mengikuti suami hijrah antar kabupaten hingga beda provinsi. Kini kami, putri kecil kami, dan insyaaAllah calon adiknya menetap di Purwokerto, salah satu kota yang masuk dalam karisidenan Banyumas Raya, Jawa Tengah. 

Kegiatan Sehari-hari

Sejak menikah, saya memilih untuk tinggal di rumah dan melayani segala keperluan suami. Sempat ada rencana kembali bekerja di klinik atau membuat praktek mandiri, namun urung tercapai karena beberapa kendala, termasuk tidak ingin terlalu kelelahan agar segera diberi momongan. Dua tahun penantian, akhirnya Allah subhanahu ta ta'ala mengijabah doa kami untuk memiliki anak. Alhamdulillah, Allah subhanahu ta ta'ala memberikan amanah dengan lahirnya Maryama menjelang 3 tahun usia pernikahan kami. 

Saat ini, sebagai rasa syukur saya yang tiada henti, saya mengisi hari-hari saya untuk belajar dan belajar. Dengan mengikuti kelas online, membaca buku, bergabung dengan beragam komunitas parenting, serta mendatangi kajian offline, yang bertujuan memperdalam agama Islam serta membaca Al Qur'an dengan lebih baik. Harapannya tentu saja, saya dapat mengajarkan anak saya terkait akidah Islam yang akan menjadi pondasi hidupnya kelak. Dan kini perlahan tercapai melalui kelas belajar yang kami rancang bersama di rumah. 

Sore hari, sebelum suami kembali dari bekerja, saya mengisi waktu untuk mengajar membaca Al Qur'an dan seputar agama Islam untuk anak-anak di perumahan. Selebihnya, waktu hari-hari saya adalah untuk ibadah, termasuk mengerjakan pekerjaan domestik, belajar, serta membersamai suami dan buah hati. 

Bergabung dengan Institut Ibu Profesional dan Apresiasi yang Diperoleh

Awalnya saya penasaran dengan kakak saya yang begitu antusias ketika mengerjakan sesuatu di gadget nya. Katanya, saya harus ikut kuliah online Ibu Profesional saat ada pembukaan pendaftaran, ia menjamin ilmunya akan bermanfaat. Akhirnya pada tahun 2018, pendaftaran matrikulasi batch 6 diumumkan. Karena dari informasi yang saya baca sebelumnya bahwa kelas ini akan cepat penuh, maka saya memasang alarm menjelang waktu pendaftaran tiba, khawatir tidak kebagian seat. 

Akhirnya, matrikulasi selesai setelah 8 pekan pertemuan. Rasanya setelah mengikuti rangkaian materi di kelas ini, mata saya benar-benar dibuat terbuka. Bagaimana selama ini saya merasa bahwa menjadi Ibu rumah tangga adalah pekerjaan biasa, ternyata bila bersungguh-sungguh dimana pun kita berada, itu yang akan menjadikan sukses di dalamnya. Empat materi yang diberikan dapat saya selesaikan tempat waktu, berikut apresiasi tugas selama mengikuti matrikulasi. 



Yang membekas dalam benak ketika matrikulasi, adalah ketika terpilih menjadi salah satu Star of The Day (sebutan untuk peserta pertukaran pelajar) yang berhak bergabung untuk berkenalan dan berbagi dengan teman-teman matrikulasi dari kelas wilayah lain. Berikut sertifikat penghargaan yang saya peroleh, dan sertifikat sebagai koordinator mingguan kelas. 



Dan berikut sertifikat kelulusan matrikulasi. 


Selanjutnya, beberapa bulan paska wisuda matrikulasi, saya dan teman-teman sesama alumni matikan mendapat tawaran untuk mendaftar kelas di jenjang awal perkuliahan Institut Ibu Profesional, yaitu Bunda Sayang. Karena pada saat itu saya memang membutuhkan banyak informasi terkait pengasuhan anak, segera saya pesan seat untuk diikutsertakan sebagai calon mahasiswi bunsay. 

Berikut beberapa apresiasi dan badge yang saya terima ketika mengikuti setiap level perkuliahan. 

Level 1 : Komunikasi Produktif


Level 2 : Melatih Kemandirian



Level 3 : Menstimulasi Kecerdasan Anak



Level 4 : Memahami Gaya Belajar Anak



Level 5 : Melatih Anak Suka Membaca


Level 6 : Matematika Logis


Level 7 : Semua Anak adalah Bintang



Level 8 : Cerdas Finansial



Level 9 : Kreativitas




Level 10 : Menanamkan Karakter Anak melalui Mendongeng


Level 11 : Fitrah Seksualitas


Level 12 :

Hanya dengan kuasa dan taufik dari Allah subhanahu wa ta'ala saya mampu menyelesaikan perkuliahan Bunda Sayang, selebihnya apresiasi dan badge ini hanyalah bonus, karena sesungguhnya yang Allah kehendaki adalah ketulusan, dalam mencari ilmu dan mengamalkannya. 
“Barangsiapa mengamalkan ilmu yang telah ia pelajari, maka Allah akan membuka untuknya hal yang sebelumnya ia tidak tahu.” 
(Hilyatul Auliya’, 6: 163).
Sekian perkenalan saya, hanya kepada Allah lah saya meminta pertolongan, menjauhkan dari segala sifat riya (pamer) dan ghuluw (berlebihan), dan niat saya memposting ini murni untuk berbagi dan menginspirasi. Semoga Allah subhanahu wa ta'ala meridhoi. 

Jazaakumullah khairan Katsir
Alhamdulillahhi robbil 'alamin
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Ummi Maryama
Teman mainnya Maryam dan Hisham | Islamic Parenting - Home Education - Healthy Lifestyle Enthusiast | Partner belajar sekaligus pembelajar Al Qur'an

Related Posts

Post a Comment

Follow by Email