headerummary

Self Branding, melalui Media Sosial dan Teknik Fotografi 1

Post a Comment

Self Branding dengan sosmed

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Materi Marathon Coaching di hari kedua bertemakan fotografi dan media sosial sebagai branding diri. Topik pertama adalah branding dengan sosial media dibawakan oleh Mas Ilham, pemilik akun twitter @pengagumrahasiamu, sekaligus CEO Growthing.id. Sedangkan materi kedua tentang fotografi ditampilkan Mbak Gilang, seorang blogger dibalik website Gemaulani. Kedua topik ini bertujuan untuk memberikan karakter dan ciri khas pada diri kita dan tulisan kita dalam blog. Dengan harapan pembaca dapat terpikat dan terus menunggu artikel-artikel kita selanjutnya. 

BRANDING DI SOCIAL MEDIA DAN MEMANCING INTERAKSI OLEH MAS ILHAM


Pada artikel ini, saya akan meresume materi Mas Ilham saja, yakni mengenai media sosial sebagai branding diri. Materi fotografi dari mbak Gilang bisa dibaca apda artikel Self Branding dengan Teknik Fotografi.

Masuk pada materi pertama, Mas Ilham menyampaikan tentang perlunya membangun branding seseorang untuk memikat interaksi pada social media. Beberapa manfaat yang dapat diperoleh user sosmed dari menggunakan media sosial antara lain adalah Menjaga silaturahim, perbanyak koneksi, branding, media promosi blog. Mari kita kulik satu persatu.


Manfaat Media Sosial

  • Menjaga Silaturahim

Sebelum teknologi berkembang dengan pesat sedemikian rupa, pada era 2000an kita hanya mengenal Friendster sebagai satu-satunya media berjejaring. Setiap penggunanya terhubung melalui akun-akun virtual yang dibuat menggunakan alamat email. Hingga kini, media sejenis muncul semakin beragam, sebut saja Twitter, Facebook, Instagram dan masih banyak lainnya. Manfaat yang jelas terasa dari media sosial ini, adalah kita dapat berteman dengan orang baru dikenal bahkan yang memang sudah kenal di dunia nyata. Sehingga media ini memudahkan bagi orang-orang, terutama yang berkerabat atau memiliki hubungan, untuk dapat menjaga silaturahim.

  • Perbanyak Koneksi

Berkenalan dengan orang baru di dunia maya terkadang dapat berlanjut menjadi pertemanan. Yang dahulu tak saling kenal, sekarang bisa saja saling menyapa karena adanya kecocokan atau ketertarikan. Benar sekali, sosmed dapat memperluas jaringan koneksi kita.

  • Branding

Agar orang lain dapat mengingat kita dengan mudah, cara self branding ini dapat dilakukan. Seperti apa kita ingin dikenal oleh orang lain, dan apa yang mereka ingat atau pikirkan jika mendengar nama kita. Branding pada sosmed memudahkan orang lain mengenali pribadi kita. Terutama bagi para blogger, ciri khas kepribadian kita juga akan membentuk karakter tulisan dan gaya bahasa.

  • Media Promosi Blog

Salah satu cara optimalisasi blog adalah dengan meningkatkan pageview. Pageview bisa kita peroleh dari follower atau pembaca postingan kita pada social media. Semakin sering kita berinteraksi pada sosmed, maka akan semakin sering dan mudah pula kita dapat mengarahkan mereka untuk mengunjungi blog.

  • Media Sosial yang Paling Populer

Ada 7 media sosial yang paling populer saat ini, diantaranya Facebook, Instagram, Youtube, Snapchat, Twitter, Linkedin, dan TikTok. Beberapa media jejaring ini dibedakan dari karakter penggunanya. Contohnya, Instagram diperuntukkan bagi penyuka fotografi, Twitter bagi yang gemar berceloteh, atau Youtube bagi yang senang tampil beraksi di depan layar.


Tips branding sosmed


Cara Branding di Media Sosial


Dengan memperhatikan hal-hal berikut, branding pada social media akan berdampak positif pada kemajuan blog kita. Caranya antara lain dengan :

  •  Menentukan Audiens

Melihat berdasarkan usia, jenjang pendidikan, kebiasaan, gaya hidup, hingga hal-hal yang disukai para pengguna sosmed

  • Ingin Dikenal Sebagai Siapa?

Ketika menggunakan media sosial, kita ingin dikenal sebagai apa, siapa, serta bagaimana? Karakter yang unik dapat memudahkan orang lain dalam mengingat

  • Apa Bedanya dengan Akun Lain?

Berikan dan tunjukkan sesuatu yang khas, seperti saat postingan dapat berupa ucapan atau tulisan unik pada foto

  • Tentukan Arah Akun

Ini akan berpengaruh pada perlakuan kita terhadap follower, seperti gaya bahasa dan penggunaan kosa kata

  • Konsisten

Konsisten dalam posting, bersikap humble, dan sering-sering melakukan interaksi, misalnya rutin membalas pesan yang masuk


Hal-hal yang Dapat Dilakukan untuk Branding 

  1. Lakukan interaksi (SKSD/sok kenal sok dekat)
  2. Jangan hanya saling follow dengan yang satu profesi
  3. Selalu perhatikan analytics
  4. Sering muncul di konten yang viral dengan komentar nyentrik

Hal hal terkait postingan sosmed


Optimalisasi Media Sosial


Mas Ilham menambahkan, ada beberapa poin terkait poin-poin yang mempengaruhi optimalnya social media, yakni dari sisi konten, kekonsistenan, timing, dan mengikuti tren. Kita simak pemaparan beliau di bawah ini.

  • Konten

Master Twitter satu ini menilai bahwa setiap platform memiliki ciri khas kontennya masing-masing, misalnya Twitter dengan caption, Instagram dengan grafis, Facebook dengan caption, TikTok dengan video dan seterusnya.

  • Konsisten

Seberapa konsisten kita menggunakan platform tersebut, juga menjadi tolak ukur pengoptimalan medsos. Seperti pada Youtube, semakin sering kita upload video, semakin bagus pula traffic-nya.

  • Timing

Waktu yang tepat ketika upload konten adalah salah satu poin penting untuk memikat viewer.

  • Audience yang Tepat Sasaran

Perlunya menganalisa audiens, untuk mengetahui dan mengenali siapa saja target kita di media sosial.

  • Ikuti Tren

Dan yang tak kalah penting, bila ingin mengikuti tren tetap harus memilih dan memilah tren yang bagus, jangan sampai asal memilih.

Waktu yang Tepat untuk Posting

Waktu yang tepat adalah ketika orang-orang dalam keadaan terbanyak, sedang membuka sosmed mereka. Biasanya terjadi di jam-jam istirahat, yaitu mendekati siang dan waktu setelah makan malam, pada hari-hari menjelang off kerja atau weekend. Cara ini dinilai lebih efektif dan mengena, karena pesan kita dapat langsung terbaca saat netizen mulai membuka sosmed pada smartphone mereka.

Waktu terbaik posting

Pada gambar tersebut tertera contoh waktu postingan yang tepat bagi sebagian media sosial.

Konten postingan sosmed

Dan gambar selanjutnya terlampir beberapa tips dalam membuat postingan pada media sosial, baik dari segi frekuensi postingan, konten, penggunaan hashtags, panjang ideal video, dan lain-lain.

Sebagai penutup sesi materi, Mas Ilham membagikan quote dari seorang Founder dan CEO Amazon yang mengatakan, "Brand kita adalah apa yang orang katakan ketika kita tidak ada di dalam ruangan". Seiya dengan quote tersebut, branding merupakan faktor penting dalam membentuk ciri khas diri kita. Dan untuk membangunnya, adalah dengan ber-media sosial. Jadi, sudahkah kalian menemukan branding untuk diri kalian sendiri? Ditunggu ceritanya di kolom komentar yaa


Referensi gambar

https://www.cinchshare.com/
https://bootcampdigital.com/
Ummi Maryama
Teman mainnya Maryam dan Hisham | Islamic Parenting - Home Education - Healthy Lifestyle Enthusiast | Partner belajar sekaligus pembelajar Al Qur'an

Related Posts

Post a Comment