headerummary

Hari Blogger Nasional: Bersama Tebar Manfaat, Dulang Berkah

6 comments

Hari blogger


بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Ternyata para blogger juga hari peringatan khusus yang dikenal dengan Hari Blogger Nasional lho, Sahabat. Dan hari itu sebenarnya jatuh pada tanggal 27 Oktober lalu. Saya yang termasuk piyik mengenal blog, mendapat tugas membuat artikel bertemakan Hari Blogger Nasional dari coach-nya Blogspedia Coaching for Newbie, yaitu Mba Marita. Tugas ini lumayan membuat kelimpungan, kira-kira apa yang akan saya jadikan topik bahasan dalam tulisan kali ini. 


PERTAMA KALI MENGENAL BLOG


Awal mula tahu istilah blog, kalau tidak salah sejak duduk di bangku SMA, sekitar 14 tahun lalu. Dan saat kuliah seringkali mendengar namun belum ada ketertarikan. Sebabnya, bahkan sampai sebelum mendaftar kelas coaching ini, saya hanya paham jika blog ibarat sebuah diary online. Karena bagi saya adalah hal tabu ketika seseorang menuliskan diary yang seharusnya bersifat pribadi, terbaca oleh orang lain. Dan setelah kelas coaching dimulai, saya tersadar bahwa dari blog yang sederhana lah, akhirnya dapat tumbuh menjadi website besar dan terkenal.

Setelah mendalami materi terkait penggunaan blog, sekarang saya merasa ternyata blog memiliki segudang manfaat, baik bagi pemilik situs maupun pengunjungnya. Bagi pengguna blog, blogging dapat dijadikan sebagai tempat untuk mengasah kemampuan menulis, sebagai ladang usaha seperti berjualan online, serta sebagai tempat mencari pekerjaan dan mendulang penghasilan. Sedangkan bagi pengunjung, sebuah blog dapat memberikan banyak informasi dan solusi terkait segala bidang yang dibutuhkan.

Hingga pada akhirnya, setahun silam saya tergoda untuk membuat blog pribadi. Tujuannya selain agar tulisan saya bermanfaat bagi para pembaca di luar sana, saya ingin tulisan-tulisan tersebut tersimpan lebih awet dan rapi. Dan lahirlah blog Ummary ini.


SEJARAH HARI BLOGGER NASIONAL DAN PERKEMBANGAN DUNIA BLOG


Blogger life


Hari blogger nasional pertama kali dicanangkan oleh Menteri Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia, Bapak Muhammad Nuh, pada 27 Oktober 2007, saat acara pesta blogger, yaitu acara pertemuan akbar seluruh blogger Indonesia. Jika kembali pada tahun 2000-an, hanya blog inilah satu-satunya media online yang digunakan orang-orang untuk eksistensi, yang isinya lebih banyak seputar kehidupan pribadi. Sebab di zaman itu, belum mengenal media sosial yang ramai seperti saat ini.

Dan saat media sosial mulai bermunculan, plus akses internet yang semakin membaik, tema blog pun kini ikut berkembang. Blog-blog baru yang semakin bertambah, tidak lagi hanya berisi jurnal pribadi, namun muncul tema-tema lain seperti lifestyle, science, karya fiksi, dan masih banyak lagi. Tinggal menyesuaikan bidang yang digeluti atau pekerjaan yang disenangi.


NEWBIE BLOGGER BERAKSI


Baru masuk dua pekan kelas coaching tutorial ngeblog, saya sudah mulai dibuat pusing dengan materi-materi baru yang masih begitu asing. Coach kami menyodorkan tugas menulis artikel dengan banyak kriteria, sehingga membuat tulisan tersebut layak muncul di pencarian browser. Istilahnya adalah menggarap konten yang berkualitas. Karena blog dinilai berkualitas apabila berisi artikel-artikel yang memiliki informasi terlengkap untuk disajikan bagi para pembaca. 

Saya sudah menuliskan alasan saya Memilih Menulis di Blog, dan untuk itu saya harus terus mengumpulkan kembali niat dan langkah agar tetap fokus nge-blogging. Berikut ini langkah-langkah yang perlu saya lakukan guna memacu diri sendiri.


Luruskan niat


  • Kembali Luruskan Niat


Niat adalah pengingat yang akan terus membawa diri saya fokus pada tujuan. Saya ingin blog ini menjadi tempat saya mengasah kemampuan menulis dan menjadi wadah untuk menebar manfaat. Bersama blog, saya juga dapat mengikat ilmu dari hasil pembelajaran saya dari manapun, dan orang lain bisa mengaksesnya kapan pun. Saya akan ikut senang  bila sedikit banyak tulisan-tulisan saya dapat menginspirasi dan berfaedah bagi para pembaca.

  • Jangan Patah Semangat


Bekal lain yang harus dipersiapkan adalah mengumpulkan semangat. Bagi seorang ibu rumah tangga seperti saya, tentu terlalu banyak hal yang menjadi pekerjaan fisik dan batin terkait urusan domestik. Namun jika saat ini saya tidak menyempatkan waktu untuk terus belajar dan berkembang, maka saya tidak dapat memaksimalkan pemberian Allah subhanahu wa ta'ala. Pemberian dalam tubuh saya, baik itu berupa otak untuk berpikir, hati untuk tunduk, dan laku agar semakin beradab. Sehingga tak pantas bila di sisa waktu yang saya punya digunakan untuk berleha-leha.

  • Persiapan Akhirat


Adakalanya memang, rasa kantuk dan lelah menyerang, terutama saat harus mempelajari materi, dilanjut mengerjakan dan mengumpulkan tugas penulisan artikel. Tapi inilah jalan yang saya pilih untuk mengisi waktu luang, agar apa yang saya lakukan menjadi salah satu media amal jariyah.

“Tidak akan bergeser kaki manusia di hari kiamat dari sisi Rabbnya sehingga ditanya tentang lima hal: tentang umurnya dalam apa ia gunakan, tentang masa mudanya dalam apa ia habiskan, tentang hartanya darimana ia peroleh dan dalam apa ia belanjakan, dan tentang apa yang ia amalkan dari yang ia ketahui (ilmu).”

(HR. At-Tirmidzi, Lihat Ash-Shahihah no. 946)

Saya berharap tulisan saya berfaedah bagi siapapun, yang akan terus mengalirkan pundi-pundi pahala walaupun saya telah tutup usia. 

HARAPAN SAYA DI DUNIA PERBLOGGERAN


Cita-cita saya pribadi setelah membuat blog ini, saya ingin terus dapat belajar untuk mengembangkan situs yang saya miliki ini. Tujuan utama nya adalah untuk membagikan ilmu yang saya temui dan kuasai. Bila pun nantinya dari blog saya mendapatkan keuntungan berupa angka-angka rupiah, itu bukanlah fokus utama saat ini. InsyaaAllah jika memang sudah takdir, saya percaya rezeki akan datang sendiri.

Karena saat ini saya berada dalam circle pertemanan yang memiliki tekad serupa untuk belajar nge-blogging, saya berharap kami sekumpulan newbie blogger dapat terus bergandengan tangan untuk saling memotivasi. Agar masing-masing blog kami terus berkembang lebih baik lagi,  baik dari segi tulisan maupun teknik pencapaian.

Demikian ulasan saya mengenai Hari Blogger Nasional. Sebagai partisipan baru yang akan memulai kekonsistenan pada dunia blogging, semoga tulisan ini menambah pengetahuan Sahabat semua. Jadi, apakah kalian juga tertarik untuk nge-blog? Yuk ngobrol di kolom komentar.



Referensi

https://muslim.or.id/
https://republika.co.id/
Ummi Maryama
Teman mainnya Maryam dan Hisham | Islamic Parenting - Home Education - Healthy Lifestyle Enthusiast | Partner belajar sekaligus pembelajar Al Qur'an

Related Posts

6 comments

  1. Kadang aku tiba-tiba patah semangat kalau seharian bayik nempel terus nggak mau ditinggal. Keinget tugas kelas, jadi mikir nggak akan bisa nyelesaiin huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saling motivasi ya mbak, semoga Allah mudahkan ❤️

      Delete
  2. Baca punya ka ummary selalu bikin adem lho, bahasanya lembut. kyak berbicara sama perempuan idaman semua imam he

    ReplyDelete
    Replies
    1. MasyaaAllah mba Yulia, jadi pingin nyubit hihihi

      Delete
  3. Tercerahkan sekali sehabis membaca artikel ini, semoga kita para blogger tetap saling memotivasi untuk terus memperbaiki diri

    ReplyDelete

Post a Comment

Follow by Email