headerummary

Kupas Tuntas Rahasia Traffic Melesat

8 comments

Kupas rahasia traffic melesat


بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم


Saya merasa bersyukur sekali mendapat kesempatan mengupas tuntas rahasia-rahasia agar traffic melesat. Bersama dua blogger pemilik situs Celoteh Dini Hari yaitu Mbak Rini. Dan blogger Pontianak dibalik website Bahrul Ilmi, Mas Baim namanya. Materi dua blogger keren ini membuat kepala pening sebab pembahasannya cukup rumit bagi saya yang masih newbie. Bagaimana saya mengenal blog, ada di artikel Hari Blogger Nasional.

Selama ini saya belum pernah menekuni bidang teknologi ataupun media elektronik. Paling hanya seputar bermain media sosial atau berjualan online. Untuk blog, saya baru memulainya dalam satu tahun ini. Dapat dilihat, kebanyakan isinya adalah kumpulan tugas hasil belajar online tentang pengasuhan anak. Saya baru menyadari sekarang, ternyata tugas-tugas yang saya buat dapat menjadi artikel-artikel yang bermanfaat ketika lebih banyak orang yang membaca. Namun diperlukan beberapa usaha agar tulisan ini mudah ditemukan saat pencarian. 

Pengertian traffic sendiri menurut beberapa sumber yang saya baca, ialah orang-orang yang berkunjung ke alamat blog. Atau saya lebih mudah memahaminya dengan mengibaratkan sebagai pengunjung yang berlalu lalang masuk ke blog kita. Nah, kenapa sih traffic atau PV (singkatan untuk pageview) ini penting dalam meningkatkan penilaian artikel atau blog dalam kolom pencarian google? Hal ini disebabkan bila semakin banyak orang yang masuk untuk melihat dan membaca isi blog kita, lalu membuka halaman demi halaman artikel, maka akan meningkatkan popularitas blog kita. Dan semakin popular sebuah blog, nantinya sistem pencarian akan menganggap blog kita mampu memberikan apa yang banyak orang cari dan butuhkan.

Ibarat sebuah rumah di sebuah pemukiman nih, jika banyak yang mengunjungi untuk menikmati keindahan desain eksterior dan interior rumah tersebut, sehingga pengunjung terpuaskan, maka pemilik pemukiman akan merekomendasikan rumah kita sebagai salah satu tempat rekreasi terbaik. Akhirnya, baik pemilik pemukiman maupun kita sebagai pemilik rumah sama-sama mendapat keuntungan. Pemukiman ini diibaratkan adalah mesin pencari google. Lebih komplitnya akan dibahas di materi berikut ini.


TIPS MENINGKATKAN TRAFFIC ATAU PAGEVIEW BLOG ALA MBAK RINI


Tips meningkatkan traffic


Seperti yang tadi saya sampaikan, perlu beberapa usaha untuk meningkatkan traffic atau pageview. Apa sajakah hal yang biasanya dihadapi blogger terkait traffic ini? 

Berikut Beberapa Alasan Pageview Jarang Diulik

  • Banyak blogger masih mengabaikan jumlah pageview atau traffic blog
  • Belum memahami manfaat menaikkan pageview
  • Bingung bagaimana meningkatkan pageview
  • Terlalu fokus ke authority tapi lupa optimasi

Pentingnya Berkenalan dengan Pageview

Berlatar belakang permasalahan tersebut, Mbak Rini akan membahas satu persatu topik yang akan menjawab segala kegundahan blogger. Mulai dari memahami apa itu pageview, apa manfaat menaikkan pageview atau punya traffic yang tinggi, darimana saja sumber traffic blog, dan tips menaikkan pageview. Yuk kita mulai saja.


Pageview adalah


Mbak Rini mengartikan bahwa pageview adalah jumlah halaman yang dilihat oleh pengunjung blog. Semakin tinggi jumlah pageview, menandakan semakin bagus pula kualitas blog dan kontennya. Untuk mengutak atik pageview paling tepat yaitu dengan menggunakan tools Google Analytics. Terdapat beberapa istilah dalam Google Analytics yang sering digunakan, antara lain :

User/Visitor
Visitor atau user adalah orang yang berkunjung ke blog kita. 

UV/Unique Visitor
Pengunjung yang kedatangannya ditemukan oleh ip address, browser, dan cookies yang tersimpan dalam browser.

PV/Pageview
adalah tatanan halaman yang muncul di browser setiap pengunjung mengklik satu tautan tertentu atau halaman yang dibuka. Dimana bila ada satu visitor berkunjung, dapat mendatangkan lebih dari satu PV jika membuka banyak halaman.

Bounce Rate
Merupakan persentase dari visitor yang meninggalkan sebuah halaman tanpa melakukan tindakan, seperti mengklik link lainnya. Misalnya ada satu pengunjung setelah membaca satu artikel, lalu keluar meninggalkan blog tersebut. Nilai Bounce Rate dianggap tidak baik apabila angkanya tinggi. Karena hal ini menandakan user tidak tertarik dengan artikel pertama yang dibacanya. 


Sisipkan internal link


Pentingnya Menaikkan PV Blog


Memiliki nilai PV yang tinggi adalah keinginan semua blogger, terutama para pejuang adsense atau iklan yang dibuat oleh Google. Sebuah blog harus punya PV tinggi supaya cepat menerima income, karena kata mbak Rini, gajian dari adsense tidak selalu dalam sebulan sekali, maka diperlukan usaha lebih untuk dapat mencairkannya dengan cepat.

  • Meningkatkan Conversion Rate

Conversion Rate diperlukan untuk mengetahui berapa banyak viewer yang memberikan keuntungan pada pemilik bisnis, yang telah memasang affiliate link pada blog kita.

  • PV Tinggi Menandakan Blog dan Konten Berkualitas

Bila blog memiliki konten-konten berkualitas, maka google akan merekomendasikan blog tersebut berada di halaman pertama pencarian. Banyak klien yang meminta catatan PV sekian dalam sebulan, sebab mereka berhatap backlink yang ditanam berasal dari blog berkualitas.

  • Meningkatkan Rate Card (Harga) Kita

Kita dapat menaikkan harga, dengan menyertakan performa blog kita dalam sebulan terakhir. Tidak hanya Domain Authority yang diperlukan klien, namun PV tinggi dan stabil bisa menjadi penilaian penting, agar penanaman backlink bekerja dengan baik. 

  • Memperbesar Peluang Mendapat Tawaran Kerjasama

Sama dengan poin rate card, untuk mendapatkan kepercayaan klien yang ingin bekerja sama dengan kita, maka banyaknya PV dapat meningkatkan peluang tersebut.


Sumber Traffic dari Manakah yang Paling Baik?


Kita harus memasang tools Google Analytics untuk melihat laju traffic. Traffic sendiri ada 3 jenis, yaitu organic traffic, traffic direct, social traffic, dan referral.

Jenis sumber traffic

Organic Traffic adalah sumber traffic yang didapat dari pencarian browser dan menemukan blog kita. Ini adalah traffic yang paling baik.

Traffic Direct adalah sumber traffic yang didapat langsung dari memasukkan link blog kita pada browser. Biasanya sering pada blog-blog yang  sudah memiliki branding bagus, sehingga membuat orang mudah mengingat.

Social traffic didapat dari mengklik link yang ada di media sosial.

Referral melakukan klik pada backlink yang terdapat pada web lain.


Cara Menaikkan PV Blog

1. Research Keyword

Mbak Rini menyampaikan bahwa seebisa mungkin tidak membuat artikel yang jarang orang cari, namun buatlah artikel yang banyak orang butuhkan, karena itu akan lebih bermanfaat. 
  • Gunakan intuisi atau feeling
  • Menggunakan google keyword planner
  • Keywordtool.io + google keyword planner
  • Keywordfinder.in
  • Neil patel
Cara melakukan riset keyword yaitu dengan memasukkan prediksi keyword, lalu lihat volume pencarian dari orang-orang dalam satu bulan. Yang direkomendasikan adalah yang memiliki volume 100-1000/bulan. Lakukan juga optimasi pada artikel, dan tidak hanya fokus pada keyword, agar PV dapat melesat.

2. Menulis Artikel SEO Friendly dan Human Friendly

  • Pilih bahasa yang paling nyaman
  • Pilih keyword yang tepat
  • Judul berisi keyword
  • Perhatikan URL
  • Jumlah kata
  • Penempatan keyword
  • Jumlah keyword (judul, paragraph pertama, sub heading, badan artikel, paragraph terakhir)
  • Masukkan LSI
  • Heading subheading
  • Link internal dan eksternal (masukkan eksternal dari web resmi untuk menunjang artikel)
  • Optimasi gambar
  • Meta deskripsi
Bila sebelumnya kita sudah paham dengan SEO, maka akan lebih mudah menulis artikel yang SEO friendly. Tulisan yang human friendly juga disarankan, sebab hal ini dapat menarik minat pembaca. Bila ingin menulis artikel untuk meningkatkan PV atau mengubah artikel lama untuk dioptimasi, kita bisa lakukan dengan membuka artikel dari web-web pesaing, lalu membuat related article dengan versi lebih lengkap.

3. Link building

Salah satu cara untuk melakukan link building adalah dengan menanam backlink atau meminta website lain agar memberikan link (tautan) menuju website kita. Semakin banyak backlink, atau rekomendasi web terhadap artikel kita, maka google menganggap blog kita terpercaya.

4. Membuat Artikel Trending atau Viral

Artikel viral biasanya tidak bertahan lama, maka kita harus membuat postingan setiap hari untuk membuat PV stabil.

5. Blogwalking 

Merupakan istilah para blogger yang berkunjung dan berkomentar pada artikel blog lain, harapannya pemilik blog tersebut dapat "mengintip" blog kita juga.

6. Optimasi Page Speed
Apabila page speed lemot, dapat membuat pengunjung merasa malas melanjutkan browsing pada halaman kita.

7. Desain Blog yang Menarik dan Navigasi yang Jelas

Bagian ini untuk memperindah tampilan dan mempermudah pengguna berselancar.

8. Kulik Google Search Console

Disini Kita bisa dapat membandingkan traffic periode bulan sekarang dengan bulan lalu. Kita juga dapat mengetahui posisi artikel kita ada di rangking berapa dalam mesin pencari, mengetahui berapa banyak presentase artikel yang muncul di google, serta mengetahui banyaknya presentase orang yang membuka artikel kita.

9. Kulik Google Analytics

Analythic dipakai untuk melihat artikel yang paling banyak dikunjungi orang. Kita bisa menaikkan PV dengan menggunakan artikel-artikel tersebut sebagai acuan membuat related article.


Masuk pada materi akhir, mbak Rini menjelaskan indikator-indikator sebuah blog yang dinilai klien sebelum mengajak bekerja sama. 

Beberapa Indikator Penilaian Klien terhadap Blog untuk Diajak Bekerjasama


  • DA (Domain Authority) dan DR (Domain Rating)
  • PV (pageview) dan UV (Unique Visitor)
  • Komen atau interaksi blog
  • Tampilan blog
  • Konten dan gaya tulisan
  • Foto atau infografis
  • Engagement sosmed
  • Kesesuaian konten blog dengan produk milik klien


GOOGLE ANALYTICS OLEH MAS BAIM


Mengenal Google analytics

Pengertian Google Analytics

Google Analytics merupakan sebuah tools gratis dari google yang dapat dimanfaatkan untuk membantu memantau pergerakan traffic pada blog. Berbeda dengan Google Console, yang fungsinya adalah untuk melihat seperti apa performa blog kita pada hasil pencarian.

Tujuan Memasang Google Analytics

  • Mengetahui traffic blog

Memantau secara real time terkait artikel yang memiliki pageview banyak, seperti berapa nilai bounce rate, page view, dan UV.

  • Mengetahui sumber traffic

Traffic bisa didapat dari mengklik tautan di sosmed, google search dan lain lain.
  • Evaluasi konten

Masuk ke research keyword untuk mencari artikel rangking atas, kemudian membuat related post, serta lakukan analisa dan evaluasi pada artikel tersebut.

  • Memahami Audiens

Bagi yang menggunakan blog hanya sebagai wadah menulis, mas Baim mengatakan hal ini termasuk yang kurang memahami audiens. Sehingga menyebabkan artikel kita jarang mengena para pembaca. Kita dapat fokus pada tema tulisan yang kita kuasai namun jangan lupa mengenali audiens kita.
  • Laporan Kerja Sama

Digunakan untuk keperluan bisnis dengan menyertakan lampiran hasil analisa blog kepada klien.


Menu Wajib Google Analytics untuk Blogger


Menu google analytics

Real time

Untuk melihat aktivitas visitor langsung pada blog, seperti berapa banyak pengunjung, membuka dari browser apa saja, berasal dari kota mana, dan sebagainya.

Audience

Digunakan untuk mengenali visitor yang datang ke blog kita, berdasar jenis kelamin dan usia. Hasil ini dapat kita gunakan sebagai panduan membuat konten artikel dan juga untuk menentukan bahasa tulisan.

Acquisition

Untuk melihat rangkuman data traffic pada blog, yaitu sumber traffic berasal dari mana saja. Dari hasil tersebut, semisal traffic banyak didapat dari sosmed maka kita dapat memaksimalkan dengan melakukan branding pada sosmed-sosmed yang kita miliki.

Behavior

Untuk melihat perilaku pengguna atau performa blog, seperti UV dan bounce rate tiap artikel ataupun blog secara umum dibuka. 


Tampilan blog menarik

Fitur Bonus agar Ngejob Makin Joss


Masih mengenali fitur-fitur pada google analytics, berikut antara lain:

  • Insight

Mengetahui waktu keaktifan viewer untuk memastikan jadwal postingan blog. Contohnya, negara pengguna dari mana saja dan alat elektronik yang digunakan apa saja. Karena di era ini semua orang mengakses web menggunakan android, maka memberikan perhatian pada tampilan, dan kecepatan loading page adalah keharusan.

  • Data user pada blog

  • Traffic source
Apakah user berasal dari organic, sosial, atau referral traffic
  • Capture PV blog

Untuk diberikan pada klien yang meminta behavior-overview dicantumkan pada info artikel yang diminta klien.
  • Capture PV (file) cara menyimpan


Wah, ternyata banyak juga ya Sahabat, cara yang dijadikan parameter untuk meningkatkan pageview atau traffic sebuah blog. Harapannya, setelah mengupas tuntas rahasia agar traffic melesat sekaligus mempraktekkannya, blog kita dapat terus berkembang dan menarik minat klien bekerja sama. Mari bersama-sama berdoa dan berikhtiar yang terbaik ya!

Ummi Maryama
Teman mainnya Maryam dan Hisham | Islamic Parenting - Home Education - Healthy Lifestyle Enthusiast | Partner belajar sekaligus pembelajar Al Qur'an

Related Posts

There is no other posts in this category.

8 comments

  1. Masya Allah um, tulisannya rapi hihihi
    Ternyata ikut kelas blogging jadi tau ya kalau nulis ya jangan nulis aja, ada triknya biar mudah dicari orang dan lebih banyak yang merasakan manfaatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mba zakia, biar juga dapat nilai plus plus ya

      Delete
  2. Seneng banget aku tuh tiap baca tulisannya. Rapi dan bikin adem 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. MasyaaAllah mba mulya, dapat peluk virtual deh hihii

      Delete
  3. PR kita semakin banyak nih nya hasil dari growthing.id . semoga kita lulus bareng-bareng semuanya. semangat

    ReplyDelete
  4. Lengkap nih ttg GA. Akumah gak ada nyangkut hduhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelah bikin resume jadi paham mba, karena bolak balik editing hehe

      Delete

Post a Comment