headerummary

Penyebab Bayi Sulit Tidur

Post a Comment
Penyebab bayi sulit tidur

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Apakah si kecil cenderung sulit terlelap? Ketahui bersama penyebab bayi sulit tidur, yuk Bunda. Barangkali tips menidurkan bayi berikut dapat dicoba. 

Kebutuhan Tidur Bayi yang Ideal Sesuai Usia

Bayi baru lahir tentu saja masih perlu waktu untuk beradaptasi dengan dunianya yang baru. Tak jarang ia mudah terbangun dari tidur karena merasakan ada sesuatu yang tidak nyaman. Ada bayi yang lebih banyak tidur di siang hari dan berjaga sepanjang malam. Ada pula yang sulit tidur saat siang sehingga terus-menerus membutuhkan perhatian.

Waktu tidur bayi memang lebih panjang daripada orang dewasa. Terlebih bagi bayi baru lahir. Hal ini dikarenakan hormon-hormon pertumbuhan bekerja optimal saat anak-anak terlelap dalam tidurnya.

Dikutip dari hellosehat.com, bayi berumur kurang dari satu tahun menghabiskan waktu tidur pada fase aktif daripada tidur tenang. Keadaan ini yang membuat bayi lebih mudah terbangun saat ditidurkan, meskipun matanya tertutup.
Tidur aktif

Berikut jam tidur ideal bayi sesuai usia

Bayi baru lahir ➡️ 16-17 jam sehari
Pola tidurnya masih tidak beraturan. Kadang beberapa menit hingga beberapa jam pada satu waktu. Atau tidur panjang hampir seharian dan terbangun hanya untuk menyusu.

Usia 1 bulan ➡️ 14-16 jam sehari
Dimana tidur siangnya 6-7 jam, dan selebihnya yakni 8-9 jam pada malam hari.

Usia menjelang 3-6 bulan ➡️ 14-16 jam sehari
Yang berbeda dengan bayi 1 bulan adalah durasi tidur siang yang hanya 4-5 jam, dan tidur malam sekitar 10-11 jam. Namun tidak semua bayi memiliki jadwal tidur serupa, sehingga Bunda tidak perlu risau. Pada usia 4-6 bulan pola tidurnya sudah lebih jelas, yaitu 5 kali setiap hari, dimana durasi tidur malam lebih lama daripada siang hari.

Usia 7-12 bulan ➡️ 14 jam sehari
Jadwal tidur malam sudah dapat diprediksi. Durasi tidur siang hanya 2-3 jam, sedangkan tidur malam 11 jam. Karena di siang hari digunakan untuk aktivitas fisik, seperti belajar merangkap dan merayap, maka waktu tidur malam lebih lama. Mendekati usia satu tahun, jadwal tidur ananda sudah mulai terprediksi.

Dengan melakukan latihan pada jam tidur buah hati secara konsisten, ia akan terbiasa dengan jadwal hariannya. Jam tidur pun mudah terpenuhi. 

Namun, pola tidur setiap anak tidaklah sama. Ada yang membutuhkan waktu tidur lebih banyak atau sebaliknya. Ada yang lebih lama tidur di malam hari, ada pula yang di siang hari. Hal ini berkaitan dengan beberapa faktor, seperti kondisi anak, waktu menyusui, dan aktivitas orang-orang di sekitarnya.

Penyebab Bayi Sulit Tidur

Ada beberapa penyebab umum bayi susah tidur, antara lain :

1. Merasa haus dan lapar
Layaknya orang dewasa yang merasa lapar dan haus akan kesulitan tidur, bayi pun demikian. Meskipun sudah sering disusui, bayi sering merasa lapar saat malam hari. Apalagi yang mengalami growth spurt, ia akan jauh merasa cepat lapar dari biasanya.

2. Terlalu lelah
Bila merasa lelah, maka kita akan mudah terlelap. Namun yang terjadi pada bayi sebaliknya,badan yang lelah membuatnya merasa kesulitan terpejam dan tidur nyenyak.

3. Sakit
Hampir sama dengan orang dewasa, bayi yang sedang dalam kondisi tidak sehat, seperti demam, batuk, pilek, perut kembung atau nyeri karena tumbuh gigi, sehingga menimbulkan tidak nyaman bisa jadi penyebab sulit tidur.

4. Tidak tidur siang
Bayi yang banyak terjaga di siang hari, dapat mudah merasa lelah di malam hari, sehingga tidurnya menjadi tidak berkualitas.

5. Susah beradaptasi
Di luar rahim ibunya adalah lingkungan baru yang masih asing bagi bayi. Keadaan ini juga menjadi pemicu si kecil sering merasa gelisah.

6. Kurang mendapat sinar matahari
Sebuah studi dari Journal of Sleep Research menyampaikan bahwa bayi berusia 6-12 minggu lebih mudah terlelap di malam hari jika sering terkena matahari.

7. Merasa ada yang hilang
Ini tergantung kebiasaan si kecil, seperti harus sembari menyusu, ada botol dot, lampu terlalu terang atau terlalu gelap, udara terlalu dingin atau panas, atau keadaan psikis ibu yang sedang gelisah, dapat membuatnya merasa tidak nyaman.

8. Ritual tidur tidak menentu
Upayakan jam tidur dan ritual menjelang tidur selalu seragam, agar bayi tidak merasa kebingungan.

9. Tidak mau jauh dari ibu
Bayi merasa senang dan aman saat ada ibu atau seseorang yang menemaninya tidur dan dapat merasa gelisah saat ditinggal. Keadaan ini membuatnya tidak mau tidur atau mudah terbangun saat ibu tidak ada di dekatnya.
Quote baby

Tips Menidurkan Bayi

Setelah mengetahui beberapa penyebab bayi sulit tidur, maka Bunda dapat melakukan tips-tips berikut untuk membantu menidurkan si kecil.
  • Cukupi asupannya sesaat sebelum tidur
Baik cairan berupa susu atau air dan makanan bagi yang sudah memasuki usia mpasi.
  • Jangan mengajak beraktivitas berat
Karena bayi mudah lelah, lebih baik lakukan ritual yang membuatnya rileks, seperti bersenandung, membaca buku, memijat bayi, atau mendengarkan murottal.
  • Beri pereda nyeri
Jika si kecil memang terlihat tidak nyaman dengan gejala sakit di tubuhnya. Misalnya dengan mengompres hangat untuk demam, dan mengusap baby balsam untuk bayi pilek.
  • Mandikan air hangat
Air yang hangat dapat membuat otot-otot lebih rileks, sekaligus membersihkan kotoran dan keringat pada tubuh.
  • Cukup tidur siang
Tidur siang memberikan kesempatan tubuh untuk beristirahat. Tidurkan anak di awal siang, jangan terlalu sore, karena akan membuatnya terjaga saat malam hari.
  • Buat ritual sebelum tidur yang sama
Pelajari tanda-tanda anak sudah mengantuk, agar tidak terlalu cepat atau terlalu malam menidurkannya. Serta tetapkan waktu sebagai penanda jam tidur, ciptakan suasana tidur yang nyaman. Lampu remang-remang, udara yang sejuk, kondisi tenang, akan memudahkan bayi terlelap.
  • Rutin mengajak bayi keluar rumah
Sembari melihat pemandangan diluar rumah dan udara segar, Bunda dan bayi mendapat manfaat dari sinar matahari, yakni vitamin D yang baik untuk pertumbuhan.
  • Bantu bayi tidur kembali
Terkadang tidurnya belum memasuki fase terbawah. Ia masih merasakan suasana di sekitarnya dan membuatnya kaget atau kembali terjaga. Bantulah ananda kembali terlelap dengan menepuk lembut lembut atau menimangnya.
Karena bayi dapat merasakan energi yang dikeluarkan orang dewasa di sekitarnya. Hal ini dapat mengganggu emosi bayi secara tidak langsung.
  • Membacakan dzikir sebelum tidur
Seperti yang diajarkan Rasulullah shalallahu alaihi wassalam yaitu mengumpulkan dua telapak tangan. Kemudian ditiup dan membaca surat Al Ikhlas, Al Falaq dan An Naas. Lalu dua telapak tangan tersebut mengusap bagian tubuh yang dapat dijangkau, dimulai dari kepala, wajah dan tubuh bagian depan, diulang sampai tiga kali. Selanjutnya membaca ayat kursi dan doa sebelum tidur seperti dibawah ini.
Doa sebelum tidur
Itulah beberapa penyebab bayi sulit tidur, terutama di malam hari. Barangkali Bunda tahu ada penyebab lain atau cara menidurkan bayi dengan mudah, ceritakan di kolom komentar ya.




Referensi


https://hellosehat.com/parenting/bayi/jam-tidur-bayi/%3famp

https://www.ibudanbalita.com/artikel/mengetahui-penyebab-bayi-susah-tidur-dan-cara-menidurkan-bayi-dengan-cepat&grqid=LArRZEuo&hl=id-ID

https://www.wordsmile.com/kata-mutiara-bahasa-inggris-bayi-baby-2

https://m.gomuslim.co.id/read/muslim_lifestyle/2019/06/26/13011/-p-sesuai-sunnah-nabi-ini-adab-sebelum-tidur-p-.html
Ummi Maryama
Teman mainnya Maryam dan Hisham | Islamic Parenting - Home Education - Healthy Lifestyle Enthusiast | Partner belajar sekaligus pembelajar Al Qur'an

Related Posts

Post a Comment

Follow by Email