headerummary

Keseruan Belajar di Blogspedia Coaching Batch 1 bersama Marita

1 comment


Blogspedia Coaching batch 1

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Setelah usai serangkaian one day one post selama tujuh hari, maka kelas belajar di Kelas Blogspedia Coaching pun akan selesai. Seperti apa keseruan belajar blogging di kelas ini ya? Rangkaian cerita saya berikut yang akan berbicara.

Blogspedia Coaching Batch 1

Alhamdulillah bini'matihi tattimusshaalihat, akhirnya selesai sudah rangkaian belajar nge-blog bersama Blogspedia Coaching yang dimentori langsung oleh penggagasnya, yaitu mbak Marita. Barangkali ada yang ingin tahu, Blogspedia Coaching ini kelas apa dan materi apa saja yang dibagikan di dalamnya, akan saya bagikan kisahnya khusus pada tulisan kali ini.


Profil Marita Ningtyas

Nana lengkap sosok dibalik kelas Blogspedia Coaching ini adalah Marita Surya Ningtyas, atau sering disingkat Marita Ningtyas. Beliau adalah seorang blogger, writer dan enterpereneur dibalik situs maritaningtyas.com dan blogspedia.my.id. 

Situs yang pertama berisi sudut pandang beliau terhadap berragam hal, yakni seputar pengasuhan, travelling, review film dan buku, kuliner, fashion, dan rubrik lainnya. Sedangkan situs kedua yaitu blogspedia.my.id, merupakan blog khusus yang materi membahas seputar tutorial membuat dan mengelola blog.

Sebelumnya, saya mengenal mbak Marita sebagai fasilitator di my (bunsay) Institut Ibu Profesional. Bagi saya, mbak Marita adalah perempuan yang sangat menginspirasi. Di tengah kesibukan mengasuh dua buah hati dan mengurus kebutuhan rumah tangga. Beliau tetap aktif menulis, berkomunitas, berwirausaha, dan mendampingi para siswa belajar online di kelas bunsay selama 6 bulan.

Saya terus mengikuti status WhatsApp beliau. Terlahir kali beliau membuat postingan perihal pengalaman mengikuti kelas Growthing Blogger. Yaitu kelas nge-blog yang ditujukan untuk blogger-blogger senior atau memiliki keinginan menjadi blogger professional. Hal ini membuat saya mendadak teringat dengan ummary ini, yang sudah mangkrak sejak kelas bunsay berakhir sekitar satu setengah tahun lalu.

Pada salah satu statusnya, mba Marita juga menceritakan bahwa beliau termasuk yang merasa kesulitan saat awal-awal memulai nge-blog. Hampir tidak ada kelas yang khusus mengajarkan dan membahas seluk beluk blog bagi blogger newbie. Saya rasa alasan inilah yang mendorong beliau membuka kelas belajar blog untuk pemula, dan lahirlah Blogspedia Coaching. Nama yang diambil dari situs pribadinya, blogspedia.my.id.



Materi Bahasan Kelas

Yang membuat saya tertarik mengikuti kelas ini adalah ingin menjadikan blog saya terlihat lebih menarik dan lebih rutin menulis kala itu. Ditambah lagi, kelas belajar ini gratis 100%, maka sebagai jiwa yang haus ilmu dan melihat tulisan gratis, saya langsung mendaftar saat mba Marita open recruitment peserta.

Alhamdulillah, dari sekitar 60an orang pendaftar, saya termasuk dari 40an peserta yang terpilih. Senang sekali rasanya, tak sabar belajar bersama mbak Marita kembali. 

Selama sekitar dua setengah bulan beliau mendampingi kami membahas sekitar 22 materi yang disajikan selama masa menuntut ilmu. Mulai dari alasan ngeblog, tahapan membuat blog bagi yang belum memiliki, mengatur layout, template, utak-atik kode html, tata cara penulisan artikel, mengenal SEO dasar, hingga cara mencari peluang rupiah dengan memanfaatkan blog.

Setiap sesinya sangat menyenangkan. Adakalanya satu materi begitu sulit dicerna dan dipraktekkan. Namun ada pula yang sederhana dan mudah diterapkan. Materi favorit saya adalah Big Why Blogging dan Menata Template

Karena materi Big Why Blogging menjadi penyemangat saya dalam melalui pekan demi pekan pembelajaran agar tak mudah putus asa. Sedangkan materi menata template, meskipun dalam prakteknya cukup rumit, namun setelah melihat hasil akhir tampilan blog, rasanya sungguh bangga dan bahagia.


Suka Duka Mengikuti Kelas

Sebelum memulai kelas ini, saya sudah meminta izin suami dan mengatakan bahwa akan ada tugas-tugas yang cukup berat di setiap pekannya. Beliau hanya meyakinkan saya bahwa yang terpenting adalah mengutamakan mengasuh anak dan urusan rumah jangan sampai terbengkalai, terlebih kami baru dikaruniai seorang bayi.

Pada pekan awal pembukaan kelas ini, mba Marita juga mengatakan, bahwa harus siap begadang jika memang diperlukan. Materi yang diberikan mba Marita memang sangat padat. Sepekan berisi 2 materi dan 2 tugas yang wajib dikumpulkan tepat waktu. Semua peserta wajib sabar, telaten, dan bersungguh-sungguh agar dapat terselesaikan hingga tahap akhir kelas. 

Saat permulaan kelas saya masih santai mengikuti. Namun semakin kemari, semakin mudah panik saat harus menyelesaikan PR sebelum deadline. Belum lagi si kecil yang masih membutuhkan waktu beradaptasi, lebih sering menangis dan minta didekap. Sementara sang kakak terus-menerus mencari perhatian. Saya mengakui, bahwa manajemen waktu saya masih kacau.

Rasa dalam dada mendadak panas dan sesak, terutama bila sampai salah membaca detail tugas. Karena yang kedapatan tidak mengikuti petunjuk, tak segan alan dikeluarkan dari kelas ketika materi pekan itu telah usai.

Dan tugas akhir inilah yang paling challenging. Sebab seluruh peserta diwajibkan membuat postingan setiap hari selama satu pekan. Sungguh bagi saya menguras waktu, pikiran dan tenaga.

Bersyukurnya, teman-teman satu grup saling memberi motivasi. Walaupun sebagian peserta masih lajang, namun tak sedikit yang sudah berkeluarga, bahkan putra putrinya lebih banyak daripada saya. Hebatnya mereka mampu menyelesaikan tugas pekanan dengan tepat waktu. Sehingga saya merasa malu bila hanya terus-menerus merutuki diri sendiri. Saya harus lebih bersemangat dan mengingat kembali alasan mengapa saya bergabung di kelas ini.

Quote blogging


Mengapa Harus Bergabung dengan Blogspedia

Bagi Sahabat yang senang menulis, baik itu menulis curahan hati, catatan keuangan, resep masakan, tips-tips pekerjaan rumah tangga, saran saya mulai sekarang tulislah juga di dalam halaman blog. Manfaatnya sangat banyak lho! Dengan blog bisa kita buka catatan tersebut kapan saja dan dimana saja, catatan tidak akan hilang karena lupa meletakkan, atau terlalu banyak hingga menumpuk menjadi clutter, dan kita bisa membagikan langsung tulisan kita kepada orang-orang tersayang dengan segera dan lebih rapi.

Kalau bingung mulai darimana, ya sudah jelas dari niatnya, hehe.. Sahabat bisa menghubungi mba Marita, karena beliau akan mengadakan kembali Blogspedia Coaching batch 2 dalam beberapa bulan ke depan. 

Apabila mau mencari-cari informasi seputar blogging sendiri juga boleh, tapi kalau ada mentornya kenapa enggak. Mba Marita walaupun cara bicaranya tegas, beliau super care, detail, dan terutama sabar dalam menjawab setiap pertanyaan yang diajukan. Hebatnya itu tidak mengenal waktu. Semoga ketulusan hati beliau dalam membimbing kami Allah balaskan pahala berlipat.


Ummi Maryama
Teman mainnya Maryam dan Hisham | Islamic Parenting - Home Education - Healthy Lifestyle Enthusiast | Partner belajar sekaligus pembelajar Al Qur'an

Related Posts

1 comment

  1. Pokoknya ngefans sama para momblogger😍😍 bisa manage waktu dan bertahan di kelas blogging💐

    ReplyDelete

Post a Comment