headerummary

Memasang dan Menggunakan Google Analytics

Post a Comment
Memasang Google analytics

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Bila ingin memiliki blog yang terus bertumbuh, Sahabat perlu memasang dan menggunakan Google Analytics untuk mendeteksi viewer blog. Saya juga masih awam dalam hal ini, kita belajar sama-sama yuk!

Pengertian dan Kegunaan Google Analytics

Menurut wikipedia, Google Analytics atau yang dapat disingkat GA, merupakan layanan gratis dari Google yang berfungsi untuk menampilkan statistik pengunjung sebuah web. Kegunaan Google Analytics yang pertama adalah menelusuri viewer berdasarkan informasi halaman yang diacu. Termasuk di dalamnya mesin pencari, iklan, email marketing, pay-per-click, atau tautan yang berada dalam dokumen jenis PDF.

Kegunaan kedua apabila Google Analytics diintegrasikan dengan AdWords atau pengatur jasa iklan, maka akan bermanfaat untuk menganalisis efektifitas iklan yang dipasang. Pengguna bisa mengetahui iklan serta kata kunci apa yang paling banyak dicari dan merujuk ke blog kita. 

Kegunaan lainnya, dari Google Analytics Kita mampu mengetahui kepadatan trafik sebuah blog atau website, kemudian menjadikannya sebuah laporan dalam jangka waktu yang diinginkan. Bisa harian, mingguan, atau bulanan.
Logo google analytics
Logo Google Analytics

Memasang Google Analytics

Saat melihat tampilan Google Analytics pada awalnya saya sudah keder duluan. Sebabnya terlalu banyak istilah asing yang rumit dipahami. Namun begitu menelisik lebih dalam, ternyata isi Google Analytics tak jauh beda dari Fanpage Ads, karena saya pernah menggunakannua jaman mengelola online shop dulu.

Keduanya memiliki fungsi yang hampir sama, yakni ditujukan untuk pengelolaan viewer. Fanpage Ads diakses pada Fanpage atau halaman milik Facebook, lebih ditujukan untuk keperluan adsense atau pemasangan iklan. Sedangkan Google Analytics bersifat lebih umum untuk melihat pageview blog atau website, dan juga untuk keperluan iklan.

Memasang Google Analytics tidak serumit kelihatannya. Berikut cara tutorial versi saya, harap dimaklumi ya, Sahabat, bila ada ketidaksesuaian dengan realita. Karena saya mencoba praktek dahulu baru memotret layar dan mencoba mengulangi dari awal.

Memasang Google Analytics
Cara memasang Google Analytics (1)


1. Buka situs https://analytics.google.com/
Bagi yang sudah memiliki akun Google dapat langsung meng-klik tombol set up free. Bagi yang belum, dapat membuat akun terlebih dahulu.

2. Account Setup
Masukkan nama akun pada kolom yang disediakan. Nama yang dituliskan disini bebas ya, Sahabat, kalau saya memasukkan nama blog Ummary ini. Klik next atau lanjut.

3. Property Setup
Masukkan nama properti, saya masih pakai nama blog. Lalu aturlah zona waktu, yaitu Indonesia, kemudian cocokkan dengan mata uang rupiah. Klik next.

4. About Your Business
Saya memilih other pada kolom industry category, dan tidak mengisi business size, lalu centang semua pilihan akan digunakan untuk apa GA ini. Klik create.

Pasang google analytics
Cara memasang Google Analytics (2)

5. Set up Data Stream
Halaman akan dialihkan seperti gambar, pilih pilihan web.

6. Setup Assistant
Klik tanda panah bertuliskan setup assistant kemudian tag installation.

7. Web Stream Details
Centang pada pilihan enhance measurements. Lanjut klik pada bagian bawahnya yaitu tagging instrument, lalu klik global site tag untuk membuka kolom kode html. Copy seluruh kode tersebut.

8. Dashboard Blogger
Buka bagian theme pada dashboard blogger, pilih edit html, dan paste kan kode yang di copy tadi persis dibawah kode <head>. Alhamdulillah, Google Analytics telah terpasang. Halaman akan beralih menjadi seperti berikut.

Realtime google analytics
Halaman home dan realtime

Menggunakan Google Analytics

Setelah berhasil memasang GA, sekarang saatnya mencari tau bagaimana layanan ini dapat digunakan. Harap maklum lagi ya Sahabat, karena saya belum berpengalaman menggunakan GA untuk keperluan blog pribadi, sehingga tutorial berikut ini saya buat dan menggunakan gambar dari materi kelas Blogspedia Coaching.

Beberapa fitur Google Analytics antara lain :

1. Realtime

Cari pilihan realtime > overview dan Sahabat dapat mengecek metrik realtime blognya, apakah pada saat itu ada yang sedang mengunjungi blog kita. Beberapa data yang dapat kita ketahui dari data realtime yaitu :
  • Jumlah pengguna yang membuka web secara realtime
  • Pembagian pengguna berdasarkan device yang digunakan
  • Pageview per menit
  • Pageview per detik
  • Top referral
  • Top social traffic
  • Top keywords
  • Top active pages
  • Top locations
Hasil penelusuran ini dapat Sahabat lihat dan simak komponennya seperti pada gambar berikut ini.

Menggunakan Google analytics

2. Audience (Demografi Pengunjung)

Dari demografis inilah kita bisa mengetahui viewer kita berasal dari kalangan mana saja. Seperti usia, jenis kelamin, minat topik bahasan, semuanya bisa dikulik disini. Sahabat buka saja bagian audience > overview. Disini kita juga bisa mencari tahu beberapa Hal berikut :
  • Jumlah users
  • Jumlah new users
  • Jumlah pageview
  • Jumlah halaman dibuka per sesi
  • Bounce rate atau sesi pantulan
  • Demografi berdasar usia, bahasa, dan asal 
  • Sistem operasi yang digunakan
  • Sistem operasi ponsel yang dipakai audiens

Untuk melihat info yang lebih spesifik terkait users, Sahabat dapat meng-klik audience > demographics untuk mencari tahu jenis kelamin dan usia pengunjung blog kita. Atau klik audience > interests untuk mengetahui topik artikel apa yang pengguna sukai.

Namun untuk pengguna Google Analytics yang masih newbie seperti saya, bisa jadi data pada interests dan demographics tidak muncul. Jangan khawatir dulu, sebab butuh waktu sekitar satu bulan bagi GA untuk menyimpan data dan membuat rangkuman dari hasil pengamatannya tersebut.

Menggunakan Google analytics audience

"Pokoknya jangan takut mencoba dan mengeksplorasi. Jangan pula tunggu disuapi. Kalau mau go profesional, kita harus berani bergerak dan rajin mencari informasi. Jangan tunggu informasi itu menghampiri kita." - Marita Ningtyas

3. Acquisition (Jumlah Trafik)

Pada data ini ditunjukkan seberapa banyak pengunjung blog kita dalam jangka waktu tertentu. Dengan begitu, kita jadi tahu seberapa popular blog kita ini. Kita juga bisa melihat, pengunjung kita berasal darimana saja. Apakah dari mesin pencari organik atau SEO, dari iklan, dari sosial media atau lainnya. Tinggal baca saja jumlahnya pada setiap grafik.

Google analytics acquisition

4. Behaviour (Perilaku Pengunjung)

Fungsinya hampir sama dengan menu acquisition. Pada menu ini Sahabat dapat melihat grafik mengenai tayangan halaman, lamanya waktu pengunjung berada di blog kita, mengenai bounce rate dan jumlah pengunjung keluar dari blog kita.

Google drive Behavior

Seperti itulah perkenalan singkat kita mengenai Google Analytics, semoga bermanfaat dan bisa Sahabat coba sendiri di rumah. Karena saya juga perlu waktu untuk mengutak-atik lebih detail lagi. Silahkan ceritakan pengalaman Sahabat di kolom komentar ya!



Referensi


https://id.m.wikipedia.org/wiki/Google_Analytics

https://cepymenews.es/google-analytics-se-renueva/

Materi dan gambar  milik https://www.blogspedia.my.id/2020/06/cara-memasang-dan-menggunakan-google-analytics.html
Ummi Maryama
Teman mainnya Maryam dan Hisham | Islamic Parenting - Home Education - Healthy Lifestyle Enthusiast | Partner belajar sekaligus pembelajar Al Qur'an

Related Posts

Post a Comment

Follow by Email