headerummary

Kolagen, Nutrisi Penting yang Sering Terlupakan

10 comments

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Kita pasti pernah mendengar istilah kolagen, terutama dari media iklan terkait produk kecantikan atau kesehatan kulit. Sebenarnya apa sih kolagen itu? Apa saja manfaatnya dan darimana kah sumbernya? Berikut resume materi mengenai kolagen yang telah saya rangkum, simak bersama yuk.


Mengenal Kolagen dan Manfaatnya

Pengertian Kolagen

Kolagen merupakan salah satu protein yang menyusun tubuh manusia. Kolagen tersusun dari ribuan asam amino yang berfungsi sebagai struktur organik pembangunan tulang, gigi, sendi, otot dan kulit. Serat kolagen memiliki daya tahan yang kuat terhadap tekanan, sehingga membuat organ tersebut lentur dan elastis. 

Terdapat 28 jenis kolagen, dan yang paling umum ditemukan di dalam tubuh ada 5, yaitu kolagen tipe 1, tipe 2, tipe 3, tipe 4 dan tipe 5.
  • Kolagen tipe 1 : adalah tipe kolagen yang paling banyak ditemukan pada manusia. Tipe 1 ini berfungsi membantu membentuk kulit, tulang, tendon, kornea, dinding pembuluh darah, serta jaringan ikat lainnya. Kolagen tipe 1 juga merupakan jenis kolagen yang terkuat, dan sumbernya dapat ditemukan pada kolagen ikan, kolagen telur, dan kolagen tulang.
  • Kolagen tipe 2 : adalah kolagen yang banyak ditemukan di tulang rawan. Fungsinya untuk merawat tulang dan sendi, yakni mengurangi radang sendi. Sumber utama terdapat pada kaldu tulang ayam, yang juga mengandung kondroitin sulfat serta glukosamin sulfat.
  • Kolagen tipe 3 : merupakan komponen utama kulit dan organ kita. Di dalam tubuh, kolagen tipe 3 ini ditemukan di lokasi yang sama dengan 1, dan fungsinya membantu menjaga kerja jantung. Sumber utamanya terdapat pada kaldu tulang sapi.
  • Kolagen tipe 4 : terdapat pada dinding pembuluh darah dan kapsul lensa mata. 
  • Kolagen tipe 5 : terdapat pada sel-sel plasenta ibu hamil. Selain itu, ada pula kolagen tipe 10 yang berfungsi untuk pembentukan tulang baru atau tulang rawan, namun karena jumlahnya sedikit sehingga tidak terlalu dibahas.

Mengapa Tubuh Membutuhkan Kolagen?

Kolagen perlu ditambah dari luar karena ada banyak hal yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh kita, yang disebabkan beberapa hal berikut, antara lain :
  • Bertambahnya usia
  • Perubahan hormon
  • Obat-obatan tidak tepat guna
  • Alkohol
  • Makanan olahan
  • Gula pasir
  • minyak terhidrogenasi
  • Radiasi
  • Air mengandung klorida
  • Kelebihan sinar matahari
  • Defisit nutrisi
  • Stres
  • Trauma
Dampak Kekurangan Kolagen



Kandungan Asam Amino pada Kolagen

Kolagen seringkali disebut sebagai protein kompleks karena mengandung 19 asam amino berbeda. Mengkonsumsi kolagen secara rutin akan sangat bagus sebab tubuh akan mendapatkan lebih banyak asam amino. Jenis asam amino yang paling banyak terdapat pada kolagen yaitu prolin, glisin, glukosamin, dan glutamin.

Prolin

Prolin membentuk hampir 15% kolagen. Berfungsi untuk melindungi integritas pembuluh darah, meningkatkan kesehatan sendi, dan memiliki berbagai manfaat kardiovaskuler.

Glisin

Glisin membentuk sekitar ⅓ dari protein yang ditemukan dalam kolagen. Tugasnya adalah untuk memastikan sel-sel kita berfungsi dengan baik. Antara lain membangun untaian DNA dan membentuk kreatin, yaitu yang berperan pada pertumbuhan otot dan meningkatkan produksi energi selama exercise.

Glutamin

Glutamin dibuat di dalam otot dan juga diperoleh dari sumber makanan. Glutamin bermanfaat untuk mencegah gangguan kecemasan, ketegangan, gangguan tidur, kurang konsentrasi, kesehatan pencernaan yang buruk, sistem kekebalan tubuh yang melemah, dan energi yang rendah. 

Asam amino jenis ini telah terbukti memiliki efek positif terhadap hormon yang berdampak pada kesehatan mental, sehingga meningkatkan perasaan ketenangan dan ketentraman batin. Nitrogen juga diciptakan glutamin dalam jumlah tinggi, yang berguna untuk penyembuhan luka dan mencegah pemborosan otot dan nyeri sendi.

Arginin

Arginin terurai menjadi L-Arginin di dalam tubuh. Senyawa ini penting untuk menjaga kesehatan pembuluh darah arteri dan jantung, serta memperkuat sistem kekebalan tubuh dan memberi pengaruh positif pada libido pria.

Gelatin

Hasil penguraian kolagen dari pemasakan kaldu tulang menghasilkan gelatin. Gelatin bermanfaat bagi orang-orang dengan food sensitivity atau alergi, membantu meningkatkan penyerapan nutrisi, memfasilitasi penyembuhan mukosa usus pada kasus leaky gut syndrome.


Sumber Kolagen

Untuk mendapatkan kolagen yang utuh dan sehat, kita dapat mengolahnya sendiri menjadi kaldu atau sup. Untuk kaldu yang dibuat adalah jenis bone broth. Dari situs fimela.com, bone broth diartikan sebagai kaldu yang dibuat dari tulang hewan yang dimasak dalam waktu minimal 24 jam. 

Yang membedakan dari kaldu sup biasa (meat stock), adalah penggunaan bagian tulang dan waktu memasak. Bila bone broth memakai tulang-belulang sebagai bahan utama pembuatan kaldu dan dimasak perlahan selama 24-48 jam, meat stock menggunakan tulang yang masih terdapat banyak kandungan daging atau hanya murni daging. Proses pemasakan stock pun relatif lebih cepat, maksimal 3 jam untuk ayam, dan 6 jam untuk sapi.

Tulang yang digunakan antara lain tulang sapi, ayam, dan ikan. Waktu memasak yang cukup lama bertujuan agar nutrisi yang terkandung di dalam tulang dapat keluar secara utuh. Selain bone broth, Sahabat juga dapat mengkonsumsi telur yang direbus atau dikukus, atau membuat kudapan manis dari kolang kaling, rumput laut, dan peach gum.


Bovine Collagen (Kaldu Sapi)

  • Dibuat dari kombinasi tulang rawan, tulang kompak, dan kulit sapi. Sebisa mungkin memilih daging thayyib dari sapi yang memakan rerumputan (grass feed).
  • Jenis kolagen : tipe 1 dan tipe 3
  • Kandungan asam amino : prolin
  • Cara memasak : rebus dengan air dan bumbu aromatik (kombinasi bawang putih, bawang bombay, seledri, parsley, thyme, daun salam, garam), tambahan rempah-rempah (jahe, cengkeh, kayumanis), sayuran (wortel, kentang), dan sari cuka apel (untuk membantu mengeluarkan mineral dalam tulang). Masak menggunakan slow cooker selama 24-48 jam. Setelah matang, saring lemak dan bumbu. Dapat langsung dikonsumsi ataupun disimpan dalam kulkas hingga 3-4 hari. Diminum sebanyak 300-500ml/hari. Bone broth dikatakan berhasil atau benar-benar mengandung kolagen, apabila dapat berubah bentuk menjadi gel saat proses pendinginan.

Manfaat :
1. Mengurangi gejala osteoarthritis
2. Meningkatkan kesehatan usus
3. Membangun otot dan memperbaiki jaringan
4. Meningkatkan kualitas tidur
5. Meningkatkan kualitas kulit
6. Sebagai topical treatment

Chicken Collagen

  • Dibuat dari kombinasi tulang rawan, tulang kompak, dan kulit ayam. Sebisa mungkin ayam organik, ayam probiotik, atau ayam kampung.
  • Jenis kolagen : tipe 2
  • Kandungan asam amino : kondroitin, glukosamin, arginin, glutamin, glisin, dan prolin
  • Cara memasak : sama dengan bovine collagen

Manfaat :
1. Mengurangi nyeri sendi pada arthritis
2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
3. Meningkatkan kualitas kulit
4. Meningkatkan kesehatan pencernaan
5. Meningkatkan kesehatan sendi dan otot


Video tutorial pembuatan bone broth


Fish Collagen

  • Dibuat dari tulang, ekor dan kepala ikan. Pilihlah ikan-ikan berukuran kecil untuk menghindari bahaya pencemaran merkuri, seperti ikan selar atau ikan ciu. Kolagen ikan memiliki penyerapan dan mobilitas terbaik untuk dikonsumsi, karena ukuran partikelnya lebih kecil dibandingkan kolagen sapi dan ayam, sehingga dapat diserap lebih efisien ke dalam tubuh.
  • Jenis kolagen : tipe 1
  • Kandungan asam amino : glisin, hidroksiprolin, prolin
  • Cara memasak : bumbu dan rempah sama dengan bovine collagen, tetapi proses memasak menggunakan panci selama 30 menit saja.

Manfaat :
1. Anti aging
2. Penyembuhan dan degenerasi tulang
3. Penyembuhan luka
4. Meningkatkan asupan protein
5. Mengandung anti bakteri

Egg Collagen

  • Dibuat dari perebusan telur organik atau telur ayam kampung. Kolagen pada telur ditemukan pada selaput kulit telur, membran dalam yang tipis, dan kuning telur ayam.
  • Kandungan asam amino : glisin, prolin, glutamin, hidroksiprolin, arginin
  • Cara memasak : merebus atau mengukus telur sebelum dikonsumsi, agar memperoleh nutrisi yang sempurna

Manfaat :
1. Membantu mengurangi gejala gangguan sendi dan jaringan ikat
2. Meningkatkan kualitas kulit dan mengurangi kerutan
3. Meningkatkan range of motion (pergerakan sendi dan otot)
4. Mengurangi nyeri dan kekakuan sendi pada osteoarthritis
5. Meningkatkan proses pencernaan


Kolagen juga dapat dibuat dari bahan-bahan nabati seperti kolang-kaling, rumput laut, dan  peach gum (diambil dari getah pohon peach). Keduanya dapat direbus bersama daun pandan, menggunakan pemanis dari gula aren atau gula kelapa.


Membuat bone broth dan sup kolagen nabati dapat di selang-seling atau bervariasi, agar berbagai nutrisi asam amino kolagen dapat tercukupi. Nah, setelah mengetahui manfaat kolagen, Sahabat tertarik kah untuk membuat bone broth atau sup manis kolang-kaling? Share ceritamu di kolom komentar ya.


Referensi :

https://m.fimela.com/lifestyle-relationship/read/4135720/bone-broth-minuman-tradisional-dengan-segala-manfaat

http://rina-aldi.blogspot.com/2018/02/khasiat-dan-manfaat-collagen.html?m=1

Materi kelas Muslimah Melek Sehat Level 1 oleh Ikarie Group bimbingan dr. Herlin Ramadhanti
Ummi Maryama
Teman mainnya Maryam dan Hisham | Islamic Parenting - Home Education - Healthy Lifestyle Enthusiast | Partner belajar sekaligus pembelajar Al Qur'an
Newest Older

Related Posts

There is no other posts in this category.

10 comments

  1. Kolang-kaling mengandung kolagen juga. Jadi tahu juga sumber² kolagen. Kudu rutin konsumsi, nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba kolang-kaling salah satu sumber kolagen yang mudah dan murah didapat ya

      Delete
  2. Berarti aku gak apa-apa suka kulit ayam hehe
    Baru tahu tentang kolagen. Sering denger diiklan sih tapi gak begitu tahu apa manfaatnya untuk tubuh.
    Pengetahuan emang gak ada habisnya buat digali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama dalam porsi aman dan tidak terlalu sering boleh mba, kalau berlebihan yang berbahaya

      Delete
  3. Kebetulan banget nih, aku suka sama kolang kaling juga rumput laut. apalagi itu gambarnya menggoda banget. Aku pun suka sama tukang rawan ayam, krenyes-krenyes gitu ternyata bagus juga ya ..

    ReplyDelete
  4. Aku selama ini tahunya Kolagen ini untuk kandungan di dalam sabun atau sebangsanya. Ternyata setelah baca tulisannya mba, baru sadar, kalau Klagen itu luaaass, hehehe

    ReplyDelete
  5. Penting banget ya kolagen ini, sekarang byk yang sudah tinggal minum, tapi kok pengen yang alami gitu, tapinya lagi ribet buat sendiri.

    ReplyDelete
  6. Uwooo, aku suka kolang-kaling, dan memang banyak banget manfaatnya si kolang-kaling ini ya mbak. Dan ternyata sumber kolagen itu ada banyak banget, baiklah perlu dicoba. nice info mbaak :)

    ReplyDelete
  7. Aku baca ini jadi kebayang sop sapi hehe laper kali y.
    Aku kaget so dampak kekurangan kolagen separah ini, khawatir juga soalnya aku punya 2 jari Yg kukunya mati dan gak tumbuh lagi, rambutku kering, dan sendi juga sering sakit. Hhh makasih k infony. Rasanya hrus bnyak konsumsi ini

    ReplyDelete
  8. Hwah baru tahu kalau jenis kolagen itu banyak ya, baru tahu juga manfaatnya segitu banyaknya buat tubuh kita. Thank you for this good article sister

    ReplyDelete

Post a Comment