Tentang Ummary


بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Hai Sahabat Ummi semua, terima kasih sudah mampir ke halaman Tentang Ummary ini. Perkenalkan, nama asli saya Nisa, namun saya lebih senang menggunakan nama kunyah saya saat bertukar sapa dengan orang baru. Ummi Maryama, demikian nama kunyah ini diambil, yang berarti ibunya Maryama. 

Sejak menikah, saya memilih untuk tinggal di rumah dan melayani segala keperluan suami. Setelah menanti selama dua tahun paska menikah, Allah subhanahu ta ta'ala mengijabah doa kami untuk memiliki anak. Alhamdulillah, Allah subhanahu ta ta'ala memberikan amanah dengan lahirnya Maryama menjelang 3 tahun usia pernikahan kami. Disusul muncul adiknya, Hisham, 3 tahun 4 bulan kemudian.


Aktivitas


Saat ini, sebagai rasa syukur saya yang tiada henti, saya mengisi hari-hari saya untuk menemani aktivitas putra-putri saya. Bermain, belajar, bercerita, bahkan bersama-sama saya memperkenalkan dan meminta mereka berpartisipasi melakukan pekerjaan rumah tangga, yang sesuai kemampuan tentu saja. 

Selain itu, saya sedang gemar belajar banyak hal, terutama yang berhubungan dengan Islamic parenting atau dunia pengasuhan anak secara islami, home education, dan gaya hidup sehat. Dengan mengikuti kelas belajar online, membaca buku, bergabung dengan komunitas, serta menyimak kajian. 

Saya juga terus ingin meningkatkan kualitas keimanan dengan memperbaiki bacaan Al Qur'an. Untuk itu saya mengikuti kelompok belajar tahsin. Agar ilmu tidak mengendap, sembari belajar, saya juga mengajarkan apa yang saya dapat kepada anak-anak di perumahan. 

Dan menulis, adalah kebiasaan lama yang mulai saya rutinkan lagi saat ini, untuk mengisi waktu luang. Saya membuat blog ini setahun yang lalu, yang tujuannya hanya sebagai tempat mengumpulkan tugas kelas belajar. Teman-teman satu kelas memberikan motivasi dan mengatakan, sayang kalau tulisan bagus tidak dipublikasikan. Akhirnya saya tergerak untuk segera membuat blog, plus merasa makin tertantang karena ini adalah hal baru yang belum pernah saya pelajari. 


Tentang Ummary


Pada saat utak-atik pembuatan blog, sampailah pada tahap memilih nama untuk domain blog. Saya ingin menggunakan sebuah kata yang kalau di rubrik-rubrik fashion sering muncul, simple and chic. Lalu terbesitlah untuk menyingkat nama kunyah saja. 

Nama kunyah tentang ummary

Diawali kata ayah atau ibu dalam bahasa Arab, lalu digabungkan dengan nama atau kata lain. Bila ingin menggabungkan dengan nama anak, ambil lah dari nama anak pertama, contohnya Ummu Maryama, Abu Maryama. Atau dengan kata lain seperti Abu Hurairah, dimana hurairah bermakna kucing. Dan nama kunyah yang saya pilih adalah Ummi Maryama. Ummi serupa dengan Ummu yang artinya ibu. 

Saya mencoba memasukkan beberapa singkatan untuk menjadi alamat domain blog, namun banyak yang tertolak. Akhirnya setelah beberapa kali gagal, syukurlah untuk kata UMMARY masih available. Ummary adalah kependekan dari UM-mi MARY-ama, atau ibunya maryama. Kata ini mengandung kata Umma, yang juga memiliki arti ibu. Sesederhana itu. Dan saya juga menggunakan nama domain tersebut sebagai judul blog. Harapannya, pembaca yang sedang membutuhkan artikel atau ingin melihat-lihat isi blog saya, langsung dapat mengingat nick name ini dengan mudah.


Menentukan Niche dan Tagline


Saya memilih menggunakan Spesific Niche menjadi topik utama blog saya. Alasannya karena iInsyaaAllah, blog ini akan saya khususkan membahas seputar pengasuhan anak secara islami. Saya tertarik untuk belajar dan berbagi lebih banyak terkait dunia parenting, khususnya yang sesuai ajaran Al Qur'an dan Sunnah. Selain itu, dalam blog ini sudah terisi dengan artikel-artikel berupa tugas dari grup pengasuhan, jadi makin klop kan. Saya akan kembangkan juga dengan beberapa sub topik lainnya, namun sebisa mungkin tetap berhubungan dengan topik utama.

Tagline blog yang saya persiapkan yaitu Langkah Hijrah Muslimah dan Perannya dalam Pengasuhan. "Langkah Hijrah Muslimah" bermakna sebuah proses berubahnya seorang perempuan muslim ke arah lebih baik. Kata hijrah sendiri memiliki dua makna, yaitu hijrah hissi dan hijrah maknawi. Hijrah hissi adalah berpindah tempat, ialah berpindah dari negeri kafir ke negeri Islam atau berpindah dari negeri yang banyak fitnah ke negeri yang tidak banyak fitnah. Ini adalah hijrah yang disyari’atkan. Sedangkan hijrah maknawi (dengan hati), yaitu berpindah dari maksiat dan segala apa yang Allah subhanahu wa ta'ala larang menuju ketaatan.

Menyambung pada kalimat lanjutan, "Perannya dalam Pengasuhan", memiliki arti bahwa perempuan muslim yang mengambil peran dan mengerjakan tanggung jawabnya untuk mengasuh dan mendidik anak-anak.


Meta Description


Kalimat yang akan saya pakai yaitu, "Belajar parenting mudah sesuai Al Qur'an dan Sunnah, sebagai bekal mengasuh ananda dan menggapai jannah." Dari deskripsi singkat ini saya ingin menggambarkan isi blog secara utuh. Sekaligus menarik minat pembaca untuk mempelajari ilmu pengasuhan dan pendidikan anak yang sesuai tuntunan Al Qur'an dan Sunnah.


Filosofi Logo dan Header


Logo dan makna ummary

Tampak 2 karakter dalam logo tersebut, yakni seorang ibu dan anak perempuan yang keduanya mengenakan hijab, sedang berpelukan dalam sebuah lingkaran. Bermakna keduanya saling menyayangi, mengasihi dan melindungi. Hijab merepresentasikan bahwa konten blog ini dominan islami. Di bawah karakter, saya tuliskan judul blog, Ummary. Saya memilih warna merah muda lembut, sebab saya ingin blog saya terlihat manis nan minimalis. Bismillah, semoga logo ini dapat mewakilkan apa yang nantinya hendak saya bagikan dalam blog ini. Bagaimana menurut Sahabat sekalian?

Header dan tagline ummary

Header ini lumayan membutuhkan waktu lebih lama dalam pembuatannya, karena harus bolak-balik mengganti layout, menyesuaikan logo, serta aksen pemanis dan tagline. Supaya tampilan akhirnya pas di hati plus mewakili keseluruhan isi blog pribadi. Saya sematkan logo di tengah sebagai center of point. Dengan ditambahkan sedikit ornamen di kanan kiri berupa tanaman menjulur. Maknanya adalah ibarat ilmu pengasuhan yang akan terus bertumbuh dan bertambah seiring dengan kasih sayang ibu pada anak. Bagian paling bawah saya cantumkan tagline untuk memperkuat personal branding.


Label dan Domain


Karena saya memilih spesific niche, maka label yang akan saya cantumkan adalah topik-topik yang berhubungan dan akan saya hubung-hubungkan terkait pengasuhan. Antara lain: Tips Pengasuhan, Home Education, Kisah Teladan, Konten Islami, Healthy Lifestyle, Review, Arsip Tugas, Curhatan Ummi dan Sumur Informatif.

Saat ini domain blog saya adalah ummary.blogspot.com. Saya tidak mengubahnya dan akan menggunakan ummary sebagai domain tetap. Dan insyaaAllah, ke depannya saya hendak berlangganan domain personal tanpa embel-embel blogspot lagi. Supaya terlihat lebih professional, mudah diingat, dan ringkas saat pengetikan di kolom pencarian website. Mohon doanya ya!


Template as A Final Touch


Jika disesuaikan dengan kepribadian diri yang tidak suka sesuatu yang rumit, maka template yang akan saya gunakan adalah yang bertema sederhana, alias minimalis. Warna yang saya bayangkan sebagai background adalah putih bersih. Ditambah sedikit sentuhan ornamen pemanis, seperti bunga dan dedaunan berwarna pastel, seperti baby pink, baby mint, cream atau peach. Pemilihan warna pastel dan pemberian aksen manis ini bertujuan menunjukkan kelembutan dan kasih sayang orang tua pada anak. Selain itu, agar pembaca dapat fokus dengan apa yang dicari dan dibaca, namun tetap betah karena warna tampilannya yang lembut menyejukkan mata.

Sekian tentang Ummary, hanya kepada Allah lah saya meminta pertolongan, menjauhkan dari segala sifat riya' (pamer) dan ghuluw (berlebihan), dan niat saya memposting apa yang ada di dalam blog ini murni untuk berbagi dan menginspirasi. Semoga Allah subhanahu wa ta'ala meridhoi. Bersahabat yuk!

Jazaakumullah khairan katsir

21 comments

  1. MasyaAllah, logonya cantik, bikin sendiri, Mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Logonya hasil editing di aplikasi sejuta umat mba hihihi

      Delete
  2. Mantap nih spesific nichenya tentang parenting dan home education. Bisa jadi tempat menimva ilmu buat persiapanku yang masih single ini 🤭. Semangat, Kak Nisa! Ditunggu karya-karyanya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ini nih generasi mileneal sesungguhnya, memanfaatkan masa muda untuk persiapan jadi orang tua yang baik

      Delete
  3. Masya Allah unyu gerly rapi, suka banget sama templatenya jadi pingin rombak punya sendiri. kereen boleh support aku yang masih newbie ya ummi ..

    ReplyDelete
  4. balada pakai subdomain, seringkali alamat url yang kita mau ngga available huhuhu hebat mbak udah specific niche, aku masih merasa ilmunya cetek buat bikin specific niche :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkw nanti semoga pas TLD dapat yang cucok ya mba.. hehe aku pun masih belajar terus ini mba puput

      Delete
  5. Aku suka banget emang sama tampilan blognya. Bikin adem gimana gitu, apalagi logonya lucu banget 😍

    ReplyDelete
  6. Iya rapi banget euy, punyaku masih berantakan huhu..
    Moga makin produktif ya mbak.

    Maaf komen sebelumnya aku hapus karena ada typo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haloo ibuu... semangat bu pelan-pelan nanti sambil perbaikan

      Delete
  7. MasyaAllah templatenya sangat eye catching dan warna" yang di pilih pun sejuk

    ReplyDelete
  8. Udah ketemu niche yang klik. Keren, Mbak. Insha Allah berkah ilmunnya,ya,Mbak.

    ReplyDelete
  9. Aku suka templatenya, warnanya soft gitu

    ReplyDelete
  10. Barakallah, Mbak, semangat tebar kebaikan. Semoga jadi ladang pahala. Aamiin.

    ReplyDelete
  11. Warna blognya bikin adem pink pastel suka deeh... Isinya masyaallah bermanfaat sekali ❤️❤️

    ReplyDelete
  12. mantap kakak, keeps inspiring, aku kayaknya akan rajin mampir keisni nih,

    ReplyDelete
  13. Aku bakal betah kalau berkunjung ke blog ini mbaaak... Cantiikkk blognya.. isinyapun menarik hatiii... Semangat selalu mbaaakkk

    ReplyDelete

Post a Comment